• Kamis, 9 Desember 2021

KA Bandara YIA Akan Beroperasi Bulan September

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 16:57 WIB
Suasana Stasiun KA Bandara YIA, Selasa (17/8/21)  ( (Eka AR))
Suasana Stasiun KA Bandara YIA, Selasa (17/8/21) ( (Eka AR))

YOGYA, harianmerapi.com - Kereta bandara yang melayani rute Stasiun Tugu hingga Stasiun Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) tersebut dapat dijalankan pada September. Saat ini, pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung operasional Bandara YIA tersebut telahcmencapai 97,6 persen.

“Estimasi operasional pada September. Tetapi tentunya kami akan melihat bagaimana perkembangan kondisinya,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di sela peninjauan jalur KA Bandara YIA di Yogyakarta, Selasa (17/8/2021).

Menurut dia, operasional KA Bandara YIA akan dilakukan bertahap menyesuaikan frekuensi penerbangan di bandara tersebut, terlebih saat ini masih dalam masa PPKM.

“Kami akan lihat bagaimana perkembangan PPKM pada awal September. Jika frekuensi penerbangan sudah mulai banyak maka perjalanan KA Bandara YIA akan ditambah. Disesuaikan aktivitas penerbangan,” katanya.

KA Bandara YIA tersebut dipersiapkan untuk 30 kali perjalanan dalam sehari, 15 perjalanan pulang pergi, dengan kapasitas angkut hingga 5.600 penumpang per hari.

Baca Juga: Pabrik Tahu Hancur dan 3 Pekerja Tersiram Air Panas Akibat Tabung Gas Uap Meledak

Kereta tersebut dipastikan akan memangkas waktu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju YIA yang semula 1,5 jam menjadi hanya sekitar 40 menit.

“Kecepatan maksimal kereta bisa sampai 100 kilometer per jam. Tetapi untuk operasional akan ditetapkan di kecepatan sekitar 60 km per jam,” katanya.

Untuk tahap awal, akan diberlakukan tarif promo yaitu Rp20.000 per penumpang. Selain untuk melayani calon penumpang pesawat terbang, kereta tersebut juga dapat mendukung mobilitas masyarakat khususnya pekerja komuter.

Terkait kesiapan operasional, Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) juga sudah melakukan uji kelaikan dan uji rancang bangun untuk jalur yang akan digunakan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X