• Sabtu, 29 Januari 2022

Musikal Hanacaraka Bangkitkan Sastra Lokal, Digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogya

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:35 WIB
Logo Musikal Hanacaraka, pertunjukan yang akan digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam rangkaian Festival Sastra Yogyakarta.  (ANTARA/Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)
Logo Musikal Hanacaraka, pertunjukan yang akan digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dalam rangkaian Festival Sastra Yogyakarta. (ANTARA/Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

 

YOGYA, harianmerapi.com - Yogyakarta kaya kreativitas dan budaya lokal. Berkaitan itu Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Musikal Hanacaraka dalam rangkaian Festival Sastra Yogyakarta.

Acara tersebut digelar guna membangkitkan sastra lokal. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetty Martanti mengatakan, pertunjukan sastra Musikal Hanacaraka merupakan bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali sastra lokal di Yogyakarta sebagai Kota Budaya.

“Sastra seharusnya bukan hanya sekadar wacana, namun haruslah mewujud dalam sebuah karya yang apik," katanya di Yogyakarta, Selasa (17/8/2021).

Penyelenggaraan pertunjukan sastra Musikal Hanacaraka didahului dengan proses audisi Hanacaraka mulai dari 12 Agustus hingga 15 September 2021.

Baca Juga: Netizen Geram Pelecehan Seks di Sleman: Pelaku Harus Dipenjara Atau Dikirim ke RSJ

Audisi Hanacaraka dilaksanakan untuk menjaring orang dengan talenta di bidang seni dan budaya, termasuk musik, tari, akting, dan bahasa Jawa.

“Peserta yang terpilih dalam audisi ini akan menjadi bagian dari pertunjukan Musikal Hanacaraka dengan tim kreatif Garin Nugroho sebagai sutradara dan Paksi Raras Alit,” kata Yetty.

Audisi Hanacaraka terbuka untuk warga Kota Yogyakarta dengan beragam usia. Audisi mencakup dua kategori, kategori umum dan kategori pelajar.

Audisi kategori umum dibuka bagi warga dengan kartu identitas kependudukan atau surat keterangan domisili sanggar seni atau komunitas di wilayah Kota Yogyakarta. Audisi kategori kedua dibuka bagi pelajar SMA/SMK atau sekolah sederajat di wilayah Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X