• Sabtu, 13 Agustus 2022

Jerman Evakuasi Warganya dari Afghanistan

- Senin, 16 Agustus 2021 | 10:05 WIB
Sebuah helikopter militer terbang di atas Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021).  (ANTARA/Reuters)
Sebuah helikopter militer terbang di atas Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). (ANTARA/Reuters)

BERLIN, harianmerapi.com - Kondisi genting di Afghanistan setelah gerilyawan Taliban menguasai kota Kabul, membuat Jerman bergerak cepat. Jerman langsung menutup kedutaan besarnya di Kabul.

Selain itu Jerman juga bersiap mengirim pesawat angkut militer A400M ke Afghanistan guna mengevakuasi sebanyak mungkin warga Jerman dan staf lokal.

"Kami melakukan segalanya untuk memungkinkan warga kami dan mantan staf lokal kami meninggalkan Afghanistan dalam beberapa hari ke depan," kata Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Gerilyawan Taliban memasuki Kabul pada Minggu dan mengatakan mereka diperkirakan akan mengambil alih kekuasaan dalam beberapa hari. Hal ini mendorong pemerintah Jerman untuk mempercepat evakuasi.

Baca Juga: Taliban Kuasai Kabul, Presiden Ghani Tinggalkan Afghanistan

Staf kedutaan Jerman telah dipindahkan ke bagian militer bandara Kabul, kata Maas. Staf inti akan tetap di sana dalam beberapa hari mendatang untuk membantu evakuasi lebih lanjut, ujar dia.

Menteri Pertahanan Annegret Kramp-Karrenbauer mengatakan pesawat militer akan meninggalkan pangkalan udara Jerman Wunstorf pada Minggu malam dan Senin pagi untuk menuju Kabul.

Menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut, kedua pesawat itu akan membawa orang-orang yang dievakuasi ke ibu kota Uzbekistan, Tashkent. Maas hanya mengatakan bahwa mereka akan pergi ke negara tetangga Afghanistan.

Baca Juga: Presiden Sebut Kesadaran dan Kegotongroyongan Masyarakat Menguat Selama 1,5 Tahun Pandemi

Dari sana, orang-orang akan dibawa ke Jerman dengan pesawat sewaan sipil, kata dia.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X