• Kamis, 30 Juni 2022

Tiga Selter Pasien Covid-19 UGM Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 20:37 WIB
Salah satu selter UGM yang bakal dijadikan rumah sakit darurat pasien Covid-19 (Foto: Humas UGM)
Salah satu selter UGM yang bakal dijadikan rumah sakit darurat pasien Covid-19 (Foto: Humas UGM)

SLEMAN, harianmerapi.com-Tiga selter penanganan Covid-19 yang dikelola Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni selter University Club, Wisma KAGAMA dan Asrama Darmaputera Karanggayam ditetapkan sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19 dengan nama RS Khusus Covid (RSKC) Gadjah Mada.

Adapun RSA UGM ditetapkan sebagai rumah sakit pengampu bagi RSKC Gadjah Mada.

Keputusan ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 219/KEP/2021 tentang Penetapan Rumah Sakit Lapangan/Darurat Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Sembilan Pasien Positif Covid-19 Jalani Karantina di Shelter Wanagama Gunungkidul

“Penetapan Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada berdasarkan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tanggal 29 Juli 2021, merupakan salah satu upaya Pemerintah DIY dalam penanggulangan pandemi Covid-19,” jelas Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, Ade Febrina L, Selasa (10/8/2021).

Keputusan Gubernur dilakukan menimbang adanya peningkatan jumlah pasien terinfeksi Covid-19 yang mengakibatkan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY tidak mampu menampung pasien positif.

Baca Juga: Kepala BNPB Menilai Shelter Covid-19 di Wedomartani Sudah Mampuni dan Siap Digunakan

RSKC Gadjah Mada melayani pasien dari kalangan masyarakat umum, tidak terbatas pada sivitas UGM. Layanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menerima penanganan kesehatan yang diperlukan.

Kriteria pasien RSKC Gadjah Mada mengacu kepada SK Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/230/2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Lapangan/Rumah Sakit Darurat pada masa pandemi Covid-19.

RSKC Gadjah Mada memberikan pelayanan secara gratis bagi pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang atau OTG (Orang Tanpa Gejala) yang membutuhkan isolasi mandiri, namun tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat lain.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

Coffee Morning Bersama Komunitas Bandara YIA

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:03 WIB
X