Sleman satu-satunya kabupaten peraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak

- Kamis, 26 Januari 2023 | 20:21 WIB
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati  (Foto : Dok. Prokopim Setda Sleman)
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Foto : Dok. Prokopim Setda Sleman)

HARIAN MERAPI - Sleman menjadi satu-satunya kabupaten se-Indonesia yang mampu meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di gedung Pracimosono Kantor Gubernur DIY, Kamis (26/1/2023).

Untuk tingkat provinsi, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menjadi satu-satunya provinsi yang mampu meraih penghargaan serupa. Sedangkan untuk katagori kota diraih oleh Kota Surabaya dan Kota Denpasar.

Baca Juga: Polisi hadiahi timah panas kepada pelaku begal di Bandung, Walikota Yana Mulyana : Kami setuju saja

Penghargaan ini diserahkan saat Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah DIY Triwulan IV Tahun 2022.

Deputi Bidang Kesetaraan gender Kementerian PPPA, Lenny N Rosalin menyampaikan, ada lima indikator penilaian yang digunakan untuk menentukan peraih penghargaan kategori provinsi.

Diantaranya Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Gender, Indeks Pemberdayaan Gender, Indeks Perlindungan Anak dan peringkat anugerah Parahita Ekapraya pada tahun berjalan.

Baca Juga: Ingkar janji, PT SAJ dan Pargono dihukum bayar kepada konsumen Rp 1,3 miliar lebih

"Untuk tingkat kabupaten, selain lima indikator itu, ditambah lagi indikator peringkat Kabupaten Layak Anak," katanya.

Lenny menjelaskan, saat ini jumlah perempuan dan anak di Indonesia mencakup dua per tiga dari jumlah penduduk di Indonesia. Yaitu terdiri dari 49,5 persen perempuan dan anak 31,6 persen anak.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengaku bangga sekaligus mengapresiasi semua pihak yang telah berupaya mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak tahun 2022.

Baca Juga: Pasca pembunuhan EJR, Polres Sukoharjo dalami dugaan layanan Kencan Online libatkan pelajar

Untuk itu, Kustini mengajak jajaran Pemkab Sleman dan semua pihak terkait agar terus berupaya mempertahankan serta meningkatkan prestasi ini.

"Mari berkolaborasi untuk mempertahankan prestasi ini. Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sleman," imbuhnya.*

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X