Banyak ASN pensiun, ini yang akan dilakukan Pemkab Sukoharjo

- Minggu, 22 Januari 2023 | 11:35 WIB
Ilustrasi. ASN Pemkab Sukoharjo masih memakai masker.  (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Ilustrasi. ASN Pemkab Sukoharjo masih memakai masker. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

HARIAN MERAPI - Pemkab Sukoharjo melakukan kajian kebutuhan pegawai dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk diajukan ke pemerintah pusat.

Hasil kajian akan dilakukan sebagai dasar pengajuan usulan penerimaan Calon ASN (CASN) baru. Hal ini dilakukan mengingat jumlah ASN terus menurun paling banyak karena pensiun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Minggu (22/1/2023) mengatakan, kajian dilakukan setiap tahun terhadap kebutuhan pegawai terkait beban kerja di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga: Kasus perkosaan anak di bawah umur di Brebes, anggota DPR ajak publik mengawal sampai tuntas

Kondisi di masing-masing OPD berbeda menyesuaikan dengan jumlah pegawai dan beban kerja.

kajian dilakukan dengan melihat kondisi sekarang dan perkembangan kedepan baik terhadap jumlah pegawai yang ada dan kebutuhan nanti. Perhitungan dilakukan agar di OPD tersebut dapat tetap berjalan dan tidak terjadi ketimpangan.

"Dilakukan terhadap pegawai ASN dulu dan kemudian pegawai non ASN. Khusus untuk ASN dilakukan kajian sebagai bahan pengajuan usulan penambahan CASN kepada pemerintah pusat," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto tegaskan Partai Golkar sudah resmi umumkan capres sejak Munas

Widodo menegaskan, daerah hanya bisa mendata dan mengajukan usulan saja. Sedangkan terkait penerimaan CASN baru menjadi kewenangan sepenuhnya pemerintah pusat.

"Kami belum tahu berapa yang akan diajukan usulan CASN. Masih dalam kajian perhitungan. Yang jelas nantinya semua jadi kewenangan pusat," lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo sendiri sekarang memiliki pegawai dengan status ASN sekitar 7.000 hingga 8.000 orang. Selain itu masih ada pegawai dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan pegawai non ASN.

Jumlah pegawai tersebut terus mengalami perubahan disebabkan beberapa faktor dan terbanyak karena pensiun. Angka ASN pensiun setiap tahun sekitar 400 orang. Para ASN yang pensiun tersebut termasuk para pejabat dengan posisi strategis.

Baca Juga: Deretan artis K-pop yang lahir di Tahun Kelinci, siapa saja mereka ?

Faktor lainnya karena meninggal dunia, pindah tugas dan khusus pegawai non ASN ada yang tidak diperpanjang kontraknya atau mengundurkan diri. Pemkab Sukoharjo akan memaksimalkan jumlah pegawai yang ada dalam kerja.

"Paling banyak pensiun memang dari tenaga pendidikan seperti guru dan tenaga kesehatan. Kalaupun ada penambahan jumlahnya tidak sesuai yang diharapkan karena terbatas dari pemerintah pusat," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X