Destinasi wisata diserbu pengunjung, Dinkes Kulon Progo imbau masyarakat patuhi protokol kesehatan

- Rabu, 28 Desember 2022 | 11:15 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami.  (ANTARA/Sutarmi)
Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami. (ANTARA/Sutarmi)



HARIAN MERAPI - Selama libur natal dan tahun baru, hampir seluruh destinasi di DIY, termasuk Kulon Progo diserbu wisatawan.


Berkaitan itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pihaknya tetap melakukan edukasi secara terus menerus untuk tetap waspada terhadap perkembangan penyakit.

Baca Juga: Inilah kolaborasi paling ditunggu, Young K DAY6 dengan H1-Key untuk mini album

"Untuk itu, tetap taat protokol kesehatan, optimalkan vaksinasi, dan jaga kesehatan dan imunitas dengan menerapkan gerakan sehat masyarakat," kata Sri Budi Utami.

 

Ia mengatakan Dinkes Kulon Progo juga menyiagakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di 12 kecamatan/kapanewon, mulai dari puskesmas, klinik dan rumah sakit.

Fasilitas pelayanan kesehatan tetap melakukan surveilans kasus COVID-19, ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan epidemiologi (PE), pelacakan kontak/tracing, melakukan testing.

Baca Juga: Kabar gembira, tiket KA dari Purwokerto jelang tahun baru masih tersedia, ayo buruan

Selanjutnya, petugas melakukan pemeriksaan kasus suspek (diduga) yang datang ke fasyankes. Kemudian, menyiapkan tempat perawatan di rumah sakit jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus yang perlu dirawat.

"Kami juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM), obat, sarana dan prasarana, dan penunjang lainnya sebagai antisipasi bila ada kenaikan kasus yang signifikan," katanya

Lebih lanjut, Sri Budi Utami mengatakan Dinas Kesehatan juga menyiapkan regulasi, mulai dari kebijakan, pedoman dan alur layanan. Selanjutnya, mengatur kecukupan SDM, obat, sarana dan prasarana, tempat rawat inap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

 Baca Juga: Kanker payudara stadium 3B apakah bisa sembuh, ini jawaban Prof Zubairi Djoerban

"Kami Melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan di wilayah Kulon Progo dan melakukan monitoring perkembangan kasus COVID-19 dan mengambil langkah-langkah strategis bila diperlukan," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan saat ini Kulon Progo berstatus PPKM Level 1.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X