Bawaslu sempurnakan Perbawaslu 9 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:00 WIB
 Rapat sosialisasi penyempurnaan perbawaslu tentang penyelesaian sengketa proses pemilu. ( bawaslu.go.id)
Rapat sosialisasi penyempurnaan perbawaslu tentang penyelesaian sengketa proses pemilu. ( bawaslu.go.id)



HARIAN MERAPI - Bawaslu telah menyempurnakan Perbawaslu 9 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu

Di antara penyempurnaan itu, adanya kluster-kluster agar mempermudah pemohon dan termohon.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan Perbawaslu penyempurnaan ini ini juga mengakomodir terkait dengan waktu penyelesaian sengketa proses pemilu yang lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Fantastis, Polda Riau amankan 800 kg sabu dalam 11 bulan, inilah prestasi Irjen Muhammad Iqbal

"Perbawaslu ini tidak melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Putusan Mahkamah Konstitusi No. 31/PUU-XVI/2018," kata Herwyn JH Malonda, sebagaimana diunggah di Bawaslu.go.id

Dia mengatakan telah mensosialisasikan adanya perbawaslu itu saat Rapat Kerja Teknis Gelombang IV dengan tema Persiapan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu pada Pemilihan Umum Tahun 2024” di Nusa Dua, Bali, Senin (6/12/2022).

Selain itu, kata Herwyn Perbawaslu tersebut menyatukan empat Perbawaslu, menjadi satu naskah Perbawaslu. yakni Perbawaslu 5/2019, Perbawaslu 27/2018, Perbawaslu 18/2018 dan serta Perbawaslu 18/2017. 

Baca Juga: Portugal gasak Swiss 6-1, hadapi Maroko di perempat final Piala Dunia 2022

Tidak hanya itu, pria asal Sulawesi Utara itu juga mengklaim Perbawaslu 9/2022 itu juga mengikuti perkembangan dinamika peradilan modern yang membuka ruang mediasi dan ajudikasi dilakukan melalui daring dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Herwyn menjelaskan, mekanisme penyelesaian sengketa proses merupakan ruang konstitusional yang memberikan ruang pengujian administrasi bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan atas keputusan KPU.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X