Sangat membahayakan masyarakat, DPRD Sukoharjo minta BBWSBS cepat tangani abrasi Bengawan Solo

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:30 WIB
Kondisi rumah di Desa Pojok Kecamatan Tawangsari terdampak abrasi Sungai Bengawan Solo.  (Dokumen Pemkab Sukoharjo)
Kondisi rumah di Desa Pojok Kecamatan Tawangsari terdampak abrasi Sungai Bengawan Solo. (Dokumen Pemkab Sukoharjo)

HARIAN MERAPI -DPRD Sukoharjo  meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) bertindak cepat menangani abrasi Sungai Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Sebab sudah ada warga menjadi korban setelah rumah yang ditempati rusak akibat longsoran tanah. Dewan berharap tidak ada korban jiwa mengingat kerawanan bencana alam sangat tinggi kedepan.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi, Minggu (4/12) mengatakan, kasus abrasi Sungai Bengawan Solo di wilayah Desa Pojok Kecamatan Tawangsari hingga mengakibatkan kerusakan rumah warga sudah sangat parah.

Baca Juga: Rekomendasi kuliner bakso lezat di Salatiga, nomor dua patut dicoba cara penyajiannya cukup unik

Beruntung dalam kejadian tersebut pemilik rumah bisa menyelamatkan diri dengan melakukan evakuasi mencari tempat aman. Warga tersebut sudah meninggalkan rumahnya dan pindah ke rumah anggota keluarganya.

Penyelamatan juga dilakukan pemilik rumah bersama warga dengan pembongkaran rumah dan mengambil barang berharga untuk dipindahkan ketempat aman. Gerak cepat dilakukan sebagai antisipasi rumah hanyut ke Sungai Bengawan Solo karena kondisi abrasi sudah sangat parah.

"BBWSBS kami minta gerak cepat menangani abrasi Sungai Bengawan Solo. Bagaimana kalau abrasi terjadi tengah malam dan warga tersebut terlambat melakukan evakuasi dan penyelamatan. Maka bisa timbul korban tidak hanya materi saja, tapi juga korban jiwa. Abrasi ini sudah sangat membahayakan," ujarnya.

Baca Juga: Siapkan rekomendasi di akhir tahun, DPRD Kulon Progo bentuk tiga Pansus

Desakan DPRD Sukoharjo dilakukan dengan meminta langsung BBWSBS menangani abrasi Sungai Bengawan Solo. Sebab diperkirakan titik longsoran tidak hanya terjadi di wilayah Desa Pojok Kecamatan Tawangsari saja, melainkan juga dibeberapa tempat.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X