Cegah Covid-19 kembali meningkat, Wakil Bupati Sleman ajak masyarakat vaksin booster

- Senin, 28 November 2022 | 17:55 WIB
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.  (Awan Turseno )
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (Awan Turseno )

HARIAN MERAPI - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengingatkan kembali agar masyarakat segera vaksin Covid-19 ketiga atau booster.

Hal ini dilakukan untuk mencegah naiknya kembali kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Sleman.

Meskipun telah melandai, namun beberapa waktu belakangan kasus Covid-19 mulai naik kembali walaupun tidak drastis dan separah tahun sebelumnya.

Baca Juga: Mengenal anjing pelacak narkotika, ternyata ini jenis yang sering dipakai

"Kasus Covid-19 secara nasional mengalami kenaikan, termasuk di DIY dan Sleman. Meskipun tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tetapi kita juga harus waspada dan jangan lengah," kata Danang Maharsa, Senin (28/11/2022).

Dijelaskan Danang, meskipun terjadi kenaikan, tetapi pemerintah pusat masih memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Artinya, masyarakat diberi kebebasan untuk beraktifitas.

Tujuannya, sektor perekonomian yang sempat terpuruk, kini sudah mulai bangkit dan pulih seperti sebelum terjadi pandemi.

Namun, kebebasan itu juga harus disikapi dengan bijaksana. Masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk vaksin 1, 2 dan booster.

Baca Juga: Peminta sumbangan bencana gempa Cianjur di jalanan Karanganyar ditertibkan, ternyata ini alasannya

Diakui Danang, hingga saat ini capaian vaksin booster di Sleman baru mencapai sekitar 53 persen. Ini terjadi karena antusias masyarakat masih tergolong rendah dibandingkan saat melaksanakan vaksin pertama dan kedua.

"Kita sekarang hidup berdampingan atau bersahabat dengan Covid-19. Makanya, saya minta masyarakat untuk vaksin booster. Banyak lokasi dan fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster," pinta Danang.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sleman, dr Khamidah Yuliati menerangkan, selain protokol kesehatan dan ikut vaksin, masyarakat juga harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ditegaskan, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum sepenuhnya hilang dari wilayah Sleman.

Baca Juga: Bawa kabur motor pembantu, mantan debt collector ditangkap polisi di Sleman

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CMFest 3.0 dukung tumbuhnya wirausaha muda

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:20 WIB
X