• Selasa, 19 Oktober 2021

Sembilan Pasien Positif Covid-19 Jalani Karantina di Shelter Wanagama Gunungkidul

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:17 WIB
Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto meninjau Shelter Wisma Wanagama Playen. ( Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)
Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto meninjau Shelter Wisma Wanagama Playen. ( Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, harianmerpai.com - Ada sembilan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bergejala ringan hingga sedang yang sudah menjalani isolasi di Shelter Wisma Wanagama di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Disampaikan Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto di Gunungkidul, Rabu (4/8/2021), bahwa berdasarkan hasil pemantuan di Shelter Wisma Wanagama, ada sembilan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang menjalani isolasi, dan dua di antaranya kondisinya sudah membaik.

"Kami harap keberadaan Shelter Wisma Wanagama ini bisa menampung pasien terkonfirmasi Covid-19 yang bergejala ringan hingga sedang. Sehingga mereka dapat ditangani dengan cepat, dan tidak menularkan ke anggota keluarga atau masyarakat di sekitar tempat tinggal," papar Heri.

Ia menambahkan, saat ini Pemkab Gunungkidul mengupayakan pengendalian Covid-19 di wilayah ini supaya tidak semakin meluas. Selama ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sejak 3 Juli, kasus penambahan harian di Gunungkidul mulai menurun. Untuk itu, Pemkab Gunung Kidul menyediakan shelter-shelter yang tersebar di beberapa titik, salah satunya Wisma Wanagama.

Baca Juga: Wakapolri Semangati Warga yang Jalani Isolasi di Rumah Sehat Covid-19 di Padang

"Adapun pemilihan rumah penelitian Wanagama menjadi tempat karantina ini untuk mendukung pemenuhan kebutuhan ruang karantina bagi pasien positif bergejala ringan hingga sedang di Gunungkidul," katanya.

Paviliun Wisma Wanagama berkapasitas hingga 51 orang tersebut difasilitasi dengan Wifi, tempat tidur, dapur, dan ruang bersama. Selain fasilitas umum yang memadai, tenaga kesehatan juga berjaga 24 jam.

Sedang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan penambahan harian pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak stabil, terkadang di bawah 150 kasus, terkadang di atas 150 kasus. Sampai saat ini, total terkonfirmasi Covid-19 di Gunungkidul sebanyak 14.809 kasus dengan rincian 11.878 kasus sembuh, 2.141 kasus dalam perawatan, dan 790 meninggal dunia.

"Kasus aktif di Gunungkidul sebanyak 2.141 kasus baik yang dirawat di rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri. Kami berupaya menekan penyebaran Covid-19 di Gunungkidul dengan menekan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, dan mempercepat vaksinasi," katanya. *

 

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X