Ratusan ribu Relawan Jokowi akan padati GBK 26 November mendatang, ada apa?

- Rabu, 23 November 2022 | 19:35 WIB
Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) sekaligus Penanggungjawab Deklarasi Setia Tegak Lurus 2024 Bersama Jokowi Silfester Matutina bersama Presiden Joko Widodo.  (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) sekaligus Penanggungjawab Deklarasi Setia Tegak Lurus 2024 Bersama Jokowi Silfester Matutina bersama Presiden Joko Widodo. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

HARIAN MERAPI - Gabungan Relawan Jokowi akan menggelar silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" di Gelora Bung Karno, Sabtu 26 November 2022.

"Ratusan ribu Relawan Jokowi dipastikan akan menghadiri Silaturahmi Nasional 'Nusantara Bersatu' di GBK," kata Ketua Umum Solidaritas Merah Putih Silfester Matutina yang juga salah satu SC panitia acara dalam rilis di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Sebenarnya, kata dia acara tersebut sudah digagas sebulan lalu dan para relawan juga secara khusus sudah meminta Presiden Jokowi untuk hadir.

Baca Juga: Jaring minat siswa madrasah, Kemenag RI gelar kompetisi robotik di Jogja

"Kami secara khusus sudah meminta Presiden Jokowi untuk berkenan hadir memberikan wejangan mengenai capaian-capaian yang sudah dilakukan dan tantangan bangsa ke depannya menuju Indonesia Emas 2045 dan posisi Indonesia di mata dunia setelah gelaran G20 dan KTT APEC," kata dia.

Selain itu, para relawan juga menginginkan wejangan tentang meneguhkan kesetiaan pada Pancasila dan NKRI harga mati. Tidak hanya wejangan, para relawan dalam kegiatan tersebut nantinya juga akan mengumpulkan donasi untuk diserahkan kepada korban gempa Cianjur.

"Dikarenakan menuju pelaksanaan hari H, terjadi musibah gempa bumi yang meluluhlantakkan saudara-saudara kita di Cianjur, maka panitia memutuskan juga akan melakukan doa bersama dan pengumpulan dana membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, tukang parkir di Jogja mendapat pembinaan petugas

Kemudian, relawan yang telah berada di Cianjur kata dia juga sudah ikut membantu evakuasi korban yang meninggal dan luka-luka. Para relawan juga sudah membuat dapur umum dan posko-posko pengungsian serta mengirim ambulans dari komunitas relawan serta juga bekerjasama dengan berbagai pihak.

"Dan kami terus akan membantu, sebagian relawan bahkan akan tinggal di Cianjur dari sekarang, sampai acara silaturahmi nasional Nusantara Bersatu berlangsung Sabtu 26 November 2022 hingga selesai acara, bahkan sampai tanggap darurat gempa dinyatakan selesai," ujarnya.*

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X