Lurah Sidoluhur naik panggung pentas ketoprak lalu sembuhkan Surono yang sedang 'kesurupan'

- Senin, 21 November 2022 | 11:30 WIB
Lurah Sidoluhur (kaos hitam) naik ke panggung, saat adegan dagelan diampu Surono dan Puthut (sebagai bintang tamu).  (Sulistyanto)
Lurah Sidoluhur (kaos hitam) naik ke panggung, saat adegan dagelan diampu Surono dan Puthut (sebagai bintang tamu). (Sulistyanto)

HARIAN MERAPI - Pentas ketoprak dengan lakon Sekar Pudhak Kencana sebagai puncak acara Gelar Potensi Budaya dan UMKM Sidoluhur Godean Sleman digelar di halaman pendopo kalurahan setempat, Minggu (20/11/2022) malam.

Segenap pemain ketoprak tersebut berasal dari Sidoluhur, termasuk ada sebagian pamong/pejabat pemerintah Kalurahan Sidoluhur.

Sedangkan bintang tamu sebagai dagelan, yaitu Surono (asal Sidomoyo) dan Puthut (Mlati Sleman).

Baca Juga: Swabantu Luhur Jiwo rutin beri pelatihan keterampilan bagi ODDP agar mandiri

Salah satu adegan unik dalam dagelan, yakni Surono kesurupan dan untuk menyembuhkannya Lurah Sidoluhur, Hernawan Zudanto SE (tidak menjadi pemain ketoprak) diminta naik ke panggung.

Tak berselang lama, Hernawan pun naik ke panggung dan ada dialog dengan Puthut maupun roh yang merasuki/mengendalikan tubuh Surono.

Setelah didoakan dan diberi uang saweran oleh Hernawan, Surono bisa sembuh dari kesurupan dan Lurah Sidoluhur segera turun panggung.

Surono merasa kaget serta bertanya-tanya ketika melihat uang saweran di balik bajunya dekat leher.

Baca Juga: Bagi penggemar sate kambing, coba rasakan sate di Blotongan Salatiga, dijamin lezat, maknyus empuk

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CMFest 3.0 dukung tumbuhnya wirausaha muda

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:20 WIB
X