R20 digelar dalam rangkaian G20, junjung tinggi nilai Ketuhanan untuk perdamaian dunia

- Jumat, 4 November 2022 | 14:06 WIB
Kegiatan R20 dalam rangkaian kegiatan G20 di Nusa Dua, Bali (2-3/11/2022) (Humas BPIP)
Kegiatan R20 dalam rangkaian kegiatan G20 di Nusa Dua, Bali (2-3/11/2022) (Humas BPIP)

HARIAN MERAPI - Forum para pemimpin agama dunia atau Forum Religion Twenty (R20) digelar dalam rangkaian kegiatan G20 di Nusa Dua, Bali (2-3/11/2022)

Turut hadir Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Presiden Jokowi menyambut para pemimpin atau tokoh agama dunia gambaran kemajemukan yang dimiliki Indonesia mulai dari suku, bahasa, hingga agama yang dipersatukan oleh ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Horoskop peruntungan Shio Kerbau dan Shio Kelinci, Sabtu 5 November 2022, saatnya mengutamakan diri sendiri

“Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku, bahasa, dan agama. Tetapi, kami dipersatukan oleh ideologi negara yaitu Pancasila. Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity”, Ucap Presiden Jokowi dalam video sambutan pembukaan R20

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa tokoh-tokoh agama yang berbeda menjadi bagian utama dalam mempersatukan Indonesia.

Presiden mengajak para delegasi-delegasi negara yang hadir untuk bertukar gagasan demi meningkatkan kontribusi agama dalam penyelesaian masalah dunia.

“Yang juga sangat penting adalah kita, tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai negara harus bekerja sama. Bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang, demi dunia yang damai, dunia yang bersatu, dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang”, tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga: Inilah lokasi kuliner bernuansa alam dengan bangunan tempo dulu, jadi incaran untuk pesta pernikahan

Sementara itu Kepala BPIP, mengatakan forum R20 ini harus menjadi momentum dalam penyelesaian permasalahan kemanusiaan di dunia, dari perspektif religiusitas.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AS akhirnya matikan jaringan 3G, ini sebabnya

Selasa, 3 Januari 2023 | 10:15 WIB
X