• Sabtu, 26 November 2022

HUT ke-77 TNI, Presiden RI perintahkan TNI-Polri bantu tangani krisis pangan

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10).  (ANTARA/Indra Arief)
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10). (ANTARA/Indra Arief)



HARIAN MERAPI - Indonesia bakal menghadapi ancaman serius berupa krisis pangan, energi dan finansial.


Untuk menanggulanginya, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada jajaran TNI dan Polri untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani krisis tersebut.


Perintah tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Polisi panggil terduga pelaku KDRT Rizky Billar Kamis, suami Lesty Kejora terancam maksimal 15 tahun penjara


"Saya minta ke jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional ini. Dukung agenda-agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial," kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga meminta agar jajaran TNI dan Polri membantu upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan dan mengendalikan inflasi.

Jajaran TNI dan Polri, kata Jokowi, juga harus menjaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan.

Baca Juga: Polri update korban tragedi Kanjuruhan: 131 orang meninggal

Saat ini, kata Presiden, Indonesia mendapat kepercayaan untuk memberikan kontribusi yang signifikan kepada dunia, bukan hanya menangani krisis di dalam negeri.

Indonesia pada 2022 menjadi Presidensi G20 dan anggota Champions Global Crisis Response Group. Selanjutnya pada 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Ki Joko Bodo saat hijrah

Selasa, 22 November 2022 | 18:55 WIB
X