• Rabu, 30 November 2022

Salatiga serius garap homestay untuk tingkatkan kunjungan wisata, syaratnya harus unik dan pengelola ramah

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:40 WIB
Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi saat dialog dengan peserta pelatihan.  (Dok. Prokompim Setda Salatiga )
Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi saat dialog dengan peserta pelatihan. (Dok. Prokompim Setda Salatiga )

HARIAN MERAPI - Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Salatiga segera menggarap serius homestay untuk meningkatkan kunjungan wisata dan menyediakan tempat bagi pengunjung.

Untuk itu, Disbudpar menggelar Pelatihan Pengelolaan Homestay, Selasa (4/10/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rahmadi mengungkapkan pengelolaan homestay di Kota Salatiga harus dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Ketua Panpel Arema FC dihukum seumur hidup tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola

Karena dalam pengelolaan homestay dalam dunia tourism atau wisata, yang dijual tidak hanya kemewahan namun keunikan yang dimiliki homestay itu sendiri.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay di Kota Salatiga oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar), di Hotel Le Beringin Salatiga, Selasa (4/10).

“Tentukan segmen apa yang akan diambil, jangan keplengkang (ujug-ujug). Harus dilakukan secara bertahap dan runut terhadap penataannya. Yang pasti dalam dunia kunjungan wisata (tourism) yang dijual bukan kemewahan saja melainkan juga keunikannya,” jelas Sinoeng N Rachmadi.

Syarat dalam pengelolaan homestay, harus diperhatikan dan terpenuhi. Karena aspek ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan dan pengelolaan homestay ke depan.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur minta maaf

Sinoeng menegaskan, homestay harus bersih dalam segmentasi apapun baik kecil, menengah maupun besar. Sebab jika tidak bersih maka akan tercoret dari pengunjung yang akan menginap.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menemui jalan rusak di Temanggung, adukan ke nomor ini

Selasa, 29 November 2022 | 13:55 WIB
X