• Kamis, 1 Desember 2022

Alternatif bahan pangan Pemkab Sukoharjo kembangkan tanaman Porang

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat penanaman tanaman porang di Tritis, Kamal, Bulu.  (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat penanaman tanaman porang di Tritis, Kamal, Bulu. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)



HARIAN MERAPI - Pemkab Sukoharjo libatkan petani porang membuat bahan pokok pangan non beras. Pengembangan porang dilakukan dengan memanfaatkan lahan memperluas penanaman. Hasil panen porang akan dikembangkan menjadi sumber makanan untuk dikonsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Minggu (2/10) mengatakan, pengembangan tanaman pangan non padi terus dikembangkan dan diperluas wilayah penanamannya.

Hal itu dilakukan untuk menambah stok bahan pokok pangan khususnya non beras sebagai sumber alternatif dikonsumsi masyarakat. Salah satu pilihannya yakni tanaman porang.

Baca Juga: Tak ada sepakbola sebanding nyawa, kasus meninggalnya 127 orang akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang

Pengembangan tanaman porang sekarang dilakukan dengan melakukan inovasi sebagai sumber bahan pangan. Hasil panen tanaman porang akan diolah menjadi tepung dan nantinya bisa diolah untuk dikonsumsi sebagai makanan alternatif masyarakat.

"Panen padi Sukoharjo sudah melimpah dan stok beras surplus. Tapi pengembangan tanaman pangan untuk bahan pokok masyarakat terus kami lakukan. Salah satunya tanaman porang yang perkembangannya menunjukan peningkatan perluasan lahan," ujarnya.

Pemkab Sukoharjo bersama Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS) sudah melakukan penanaman perdana tanaman porang di wilayah Dukuh Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu pada November 2021 lalu. Selama hampir satu tahun berjalan kondisi tanaman porang usai ditanam terus dipantau Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo.

Baca Juga: 127 orang meninggal akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, dapat sorotan media internasional

Lokasi penanaman porang dilakukan di lahan yang sebelumnya kurang termanfaatkan. Diversifikasi tanaman dilakukan dalam rangka peningkatan pendapatan petani sehingga lebih sejahtera.

Porang merupakan salah satu komoditas tanaman pangan unggulan yang berupa umbi-umbian. Dahulu tanaman porang digunakan sebagai salah satu alternatif makanan pokok selain beras, namun saat ini porang merupakan salah satu komoditas ekspor yang digunakan untuk kebutuhan industri, kesehatan, kosmetik, dan makanan. Porang mengandung zat glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut berasal dari ekstrak umbi porang. Karena kandungannya ini maka porang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menemui jalan rusak di Temanggung, adukan ke nomor ini

Selasa, 29 November 2022 | 13:55 WIB
X