• Rabu, 30 November 2022

Ferdy Sambo resmi bukan anggota Polri, PTDH sudah ditandatangani Presiden Jokowi

- Jumat, 30 September 2022 | 20:52 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo didampingi pejabat utama Polri memberikan keterangan pers perkembangan kasus Ferdy Sambo yang memasuki tahapan pelimpahan tahap II (tersangka dan barang bukti) di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (30/9/2022).  (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo didampingi pejabat utama Polri memberikan keterangan pers perkembangan kasus Ferdy Sambo yang memasuki tahapan pelimpahan tahap II (tersangka dan barang bukti) di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

 

HARIAN MERAPI - Ferdy Sambo sudah resmi tidak menjadi anggota Polri setelah surat keputusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, Polri beberapa waktu lalu sudah mengirim surat terkait penolakan banding Ferdy Sambo untuk memroses pemberhentian dengan tidak hormat.

"Tadi siang kami sudah mendapat informasi bahwa keputusan PTDH dari istana dan Setmil Pres tadi sudah dihubungi, sudah dikeluarkan. Oleh karena itu status FS sudah resmi saat ini sudah tidak menjadi anggota Polri," tutur Sigit, di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Aktris Taskya Namya mengaku ingin berperan sebagai hantu, apa alasannya?

Terpisah, pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai proses PTDH Ferdy Sambo dinilai sangat cepat dibanding proses sidang etik 35 anggota Polri yang terlibat kasus Duren Tiga.

Bambang melihat sidang etik terhadap 35 anggota Polri terkesan lambat, terbukti tiga tersangka obstruction of justice belum juga dilaksanakan sidang etik-nya.

"Ini artinya juga warning (peringatan) bagi semua pihak bahwa Presiden tetap mengawasi proses penuntasan kasus ini," ujar Bambang.

Selain itu, Bambang juga melihat peluang Ferdy Sambo untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait putusan PTDH-nya tidak ada harapan, karena surat keputusan pemecatan ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Kunci hadapi krisis ekonomi global, Ekonom : Berikan stimulus fiskal

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil dinilai bisa melengkapi Partai Golkar

Senin, 28 November 2022 | 18:08 WIB
X