• Minggu, 27 November 2022

Kandang Maggot Jogja kelola sampah organik dari dapur 500 kilogram tiap hari

- Kamis, 22 September 2022 | 07:50 WIB
Pengelolaan sampah organik dengan metode biokonversi menggunakan maggot yang dilakukan di Kandang Maggot Jogja Kelurahan Kricak, Yogyakarta, Rabu (21/9/2022).  (ANTARA/Eka AR)
Pengelolaan sampah organik dengan metode biokonversi menggunakan maggot yang dilakukan di Kandang Maggot Jogja Kelurahan Kricak, Yogyakarta, Rabu (21/9/2022). (ANTARA/Eka AR)

HARIAN MERAPI - Kandang Maggot Jogja mengelola sampah organik di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta.

Pengolahan sampah di Kandang Maggot Jogja ini berjalan hampir satu tahun dan kapasitas sampah yang bisa dikelola semakin meningkat.

Ketua Forum Komunikasi Winongo Asri selaku pengelola Kandang Maggot Jogja Endang Rohjiani di Yogyakarta, Rabu (21/9/2022), mengatakan, jumlah sampah organik dari dapur yang dikelola meningkat dari awalnya 200 kilogram per hari kini menjadi 500 kilogram per hari dan diharapkan terus dapat ditingkatkan menjadi satu hingga dua ton per hari.

Baca Juga: Polda DIY Fasilitasi Warga Banyakan Piyungan Bantul Pelatihan Budidaya Maggot

“Jumlah tersebut masih jauh dari volume sampah organik yang dihasilkan Kelurahan Kricak, yaitu sekitar sembilan ton per hari,” katanya.

Saat ini, seluruh RW di Kelurahan Kricak, yakni 13 RW, sudah bekerja sama dengan Kandang Maggot Jogja (KMJ) untuk menyetorkan sampah dapur untuk diolah.

Setiap ember sampah dapur dihargai Rp 3.500. “Tujuannya bukan membeli sampah tetapi memberikan nilai pada upaya pemilahan sampah yang dilakukan masyarakat. Sampah yang disetor adalah sampah dapur organik,” ujarnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: 6 trik memelihara anak bebek agar tidak mudah mati dan lekas gemuk

Ia berharap, pengelolaan sampah dengan metode maggot tersebut semakin berkembang sehingga tidak hanya mengolah sampah dapur dari Kelurahan Kricak saja tetapi di seluruh Kecamatan Tegalrejo.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X