• Rabu, 30 November 2022

Tanaman bawang merah seluas 11 hektare di Srikayangan Kulon Progo terserang hama ulat

- Minggu, 18 September 2022 | 17:15 WIB
Tanaman bawang merah di Bulak Srikayangan, Kabupaten Kulon Progo.  (ANTARA/Sutarmi)
Tanaman bawang merah di Bulak Srikayangan, Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

HARIAN MERAPI - Tanaman bawang merah seluas 11 hektare di Bulak Srikayangan, Desa Srikayangan, Kabupaten Kulon Progo terserang hama ulat daun sehingga berpotensi gagal panen.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Juliwati di Kulon Progo, Minggu (18/9/2022), mengatakan untuk mengantisipasi meluasnya serangan hama ulat daun, pihaknya bersama petani melakukan pengendalian dengan agensia hayati atau kimia sistemik, dipadukan dengan pemasangan likat kuning untuk merangkap kupu-kupu, sehingga tidak sempat kawin dan bertelur.

"Luas serangan hama ulat 11 hektare dengan intensitas serangan sembilan persen atau serangan ringan," kata Juliwati dikutip dari Antara.

Baca Juga: Lima Persen Lahan Tanaman Cabai di Sleman Terserang Hama Pathek, Ini Dampaknya

Ia mengatakan pihaknya juga merekomendasikan langkah antisipasi dan pengendalian, mulai dari sanitasi lingkungan, pemupukan berimbang.

Kemudian, apabila memungkinkan dan luasan, populasi masih rendah, ulat yang berada di bagian dalam batang bisa diambil secara manual dengan hati-hati.

Selanjutnya, penyemprotan dengan APH Beauveria bassiana dan Virus Se-NPV (Spodoptera exigua-Nuclear Polyhedrosis Virus), pemasangan likat kuning dan sek feromon untuk mengendalikan serangga di lapang.

Baca Juga: Kisah nyata mahasiswa Jogja setubuhi sepupunya yang berusia 17 tahun, 2 kali diajak ke hotel berujung penjara

"Pengendalian secara biologis dapat menggunakan insektisida yang memiliki bahan aktif bacillus thuringensis dan pemasangan lampu perangkap/light trap secara serentak dalam satu hamparan," katanya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korpri diminta berperilaku sederhana dan jaga netralitas

Selasa, 29 November 2022 | 20:25 WIB

Tim kesehatan Kulon Progo kirim obat-obatan ke Cianjur

Senin, 28 November 2022 | 20:40 WIB

Gula semut Kulon Progo terstandarisasi CSQA

Rabu, 16 November 2022 | 21:15 WIB

Teladani semangat pahlawan untuk membangun Kulon Progo

Kamis, 10 November 2022 | 21:30 WIB
X