• Selasa, 6 Desember 2022

Waspadai cuaca ekstrem sepekan ke depan, BMKG : masyarakat harus hati-hati

- Sabtu, 10 September 2022 | 00:50 WIB
Dok. Pengendara melintas di jalan saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/11/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Dok. Pengendara melintas di jalan saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/11/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

 

HARIAN MERAPI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat dengan kategori siaga untuk periode tiga hari ke depan (10-12 September 2022).

Hujan lebat dengan kategori siaga tersebut berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan untuk potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sepekan ke depan 10 - 16 September 2022.

Baca Juga: Festival Film Wartawan Indonesia seleksi 123 film yang tayang setahun terakhir

Hal itu dapat terjadi juga di wilayah Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Terkait dengan itu, BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan pada 10-16 September 2022.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat (9/9/2022), menyebut saat ini diindikasikan terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Baca Juga: Blangkon bukan sekadar pelengkap busana adat Jawa, inilah filosofinya....

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X