• Sabtu, 26 November 2022

Sosialisasi kebersihan dan Sex Education diharapkan bisa menambah wawasan serta bebas pelecehan seksual

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 18:50 WIB
Foto bersama mahasiswa KKN Kelompok 71 UMBY dan sebagian guru di SDN 1 Petung.  (Foto: Dok. Rifki H)
Foto bersama mahasiswa KKN Kelompok 71 UMBY dan sebagian guru di SDN 1 Petung. (Foto: Dok. Rifki H)

MAGELANG, harianmerapi.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 71 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mempunyai beberapa program kerja di Petung Kidul, Pakis, Magelang.

Sebagai contoh, yakni sosialisasi tentang Sex Education untuk siswa kelas VI SDN 1 Petung. Materi Sex Education disampaikan langsung oleh mahasiswa Psikologi UMBY, Genie Launa Sembiring yang juga tergabung di KKN Kelompok 71 UMBY.

Menurut Genie, materi Sex Education antara lain dengan memberitahu bagian tubuh mana yang boleh dilihat dan tidak dilihat. Ada pula bagian tubuh yang bisa disentuh dan tidak boleh disentuh.

Baca Juga: Menyasar berkas APBD 2023, Kantor DPRD, Satpol PP dan Disperindag Pati dibobol maling

“Lalu kami juga mengajarkan konsep perbedaan jenis kelamin dan juga kami menanamkan budaya pemikiran, bahwa sex education bukanlah hal yang tabu kepada anak-anak,” papar Genie, baru-baru ini.

Rifki Hidayatullah selaku Ketua Kelompok KKN 71 UMBY mengungkapkan, selain sosialiasi tentang Sex Education, pihaknya juga bekerja sama dengan Puskesmas Pakis untuk menjalankan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PBHS) pada anak-anak SDN 1 Petung khusus anak kelas I dan II.

“Dengan program ini kami berharap anak-anak bisa selalu menjaga kebersihan pada tubuh khususnya kebersihan tangan dan mulut di sekolah,” urainya.

Tangan dan mulut, sebut Rifki, adalah dua bagian pada tubuh yang selalu digunakan untuk beraktivitas ketika di sekolah. Jika tangan dan mulut tidak terjaga kebersihannya, bisa berdampak pada kegiatan belajar.

Baca Juga: Jika harga BBM bersubsidi dinaikkan, bansos kompensasi harusnya disalurkan dalam kurun waktu 2-4 bulan

“Hal ini memotivasi kami bekerja sama dengan Puskesmas Pakis memberikan edukasi bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan menyikat gigi yang benar kepada anak-anak,” terangnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengawas harus waspadai kampanye di luar jadwal

Selasa, 22 November 2022 | 18:40 WIB
X