• Jumat, 30 September 2022

Rumput odot termasuk tanaman bandel, mampu tumbuh baik saat kemarau dan tingkat kesuburan tanah rendah

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Rumput odot termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh baik di tanah dengan tingkat kesuburan rendah.  (Foto: Sulistyanto)
Rumput odot termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh baik di tanah dengan tingkat kesuburan rendah. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Indonesia dikenal sebagai negara agraris dan sangat mudah untuk bercocok tanam aneka jenis tanaman bermanfaat, seperti aneka jenis rumput untuk pakan ternak.

Jenis rumput biasa dibudidayakan sebagai pakan ternak misalnya sapi, domba/kambing antara lain rumput odot, kolonjono (gajah), gama umami dan pakchong.

Pemilik ternak domba asal Godean Sleman, Drs H Geol Sugiyanto termasuk yang senang membudidayakan rumput odot. Selain mudah perawatannya juga mudah diperbanyak.

Baca Juga: Irjen Pol Ferdy Sambo mengaku sebagai aktor utama tewasnya Brigadir J

“Dijadikan pakan domba dengan dicacah dahulu maupun tanpa dicacah dan diletakkan di tempat pakan akan lahap dimakan oleh domba,” ungkap H Geol, belum lama ini.

Tak kalah penting, lanjutnya, rumput odot banyak disebut di beberapa sumber punya kandungan nutrisi yang cukup tinggi dibanding rumput gajah.

“Rumput odot juga mampu tumbuh dengan baik saat musim kemarau dan di tanah yang tingkat kesuburannya rendah,” tandas H Geol.

Adapun cara perbanyakan atau perkembangbiakan rumput odot bisa dilakukan dengan metode vegetatif, yakni dengan menggunakan percabangan batang yang tumbuhnya paling baik.

Pemotongan pada cabang-cabang tersebut dilakukan dengan alat yang tajam untuk menghindari luka pada batang. Pemotongan dilakukan pada batang rumput odot yang akan menjadi bahan tanaman atau stek dengan panjang kisaran 30 cm.

Baca Juga: Jungkalkan Myanmar dengan skor 3-0, Thailand rebut peringkat ketiga Piala AFF U-16 2022

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X