• Kamis, 29 September 2022

Nilai ekonomi tinggi, Pemkab Sukoharjo minta penanaman kelapa genjah dimaksimalkan

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:20 WIB
Bibit kelapa genjah yang sudah siap ditanam di Sukoharjo.  (Wahyu imam ibadi)
Bibit kelapa genjah yang sudah siap ditanam di Sukoharjo. (Wahyu imam ibadi)

HARIAN MERAPI - Warga diminta bisa memaksimalkan keberadaan kelapa genjah untuk meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus pemanfaatan lahan sebagai sumber ketahanan pangan.

Pemkab Sukoharjo juga mengapresiasi kepercayaan pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan kelapa genjah dalam jumlah paling banyak untuk Kabupaten Sukoharjo dibanding daerah lain di wilayah Solo Raya.

Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Jumat (12/8/2022) mengatakan, kepercayaan pemerintah pusat kepada Kabupaten Sukoharjo di bidang pertanian sangat luar biasa termasuk dalam hal kelapa genjah.

Baca Juga: Mobil diduga mengangkut bahan bakar minyak (BBM) terbakar di dekat SPBU di Candiroto Temanggung

Hal ini disebabkan karena Kabupaten Sukoharjo memiliki potensi besar di bidang pertanian karena luasan lahan dan banyaknya hasil panen padi.

Perhatian pemerintah pusat di bidang ketahanan pangan di Kabupaten Sukoharjo sebelumnya seperti sudah dilaksanakan dalam program IP 400 atau empat kali tanam padi empat kali panen padi.

Hasil panen padi tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan daerah namun juga nasional. Bahkan dikatakan Agus Santosa pihak Kementerian Pertanian meluncurkan program ekspor beras ke sejumlah negara saat kegiatan panen raya padi IP 400 di wilayah Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Perupa Yayat Surya gelar pameran tunggal Suryanamaskara

"Setelah IP 400 sekarang ada lagi soal ketahanan pangan dengan penanaman kelapa genjah. Warga yang menerima bibit kelapa genjah harus bisa memaksimalkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus pemanfaatan lahan sebagai sumber ketahanan pangan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dishub Sukoharjo temukan angkudes naikkan tarif

Kamis, 22 September 2022 | 17:50 WIB
X