• Selasa, 27 September 2022

Simpang Gondomanan Jogja segera bebas kabel udara, proyek penataan pakai Danais sebesar Rp 12,2 miliar

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 06:00 WIB
Simpang Gondomanan Yogyakarta akan menjadi simpang bebas kabel udara dengan ducting kabel listrik PLN dan fiber optic, Selasa (9/8/2022). (ANTARA/Eka AR )
Simpang Gondomanan Yogyakarta akan menjadi simpang bebas kabel udara dengan ducting kabel listrik PLN dan fiber optic, Selasa (9/8/2022). (ANTARA/Eka AR )

HARIANMERAPI.COM - Simpang empat Gondomanan Jogja akan menyusul simpang Tugu Jogja, menjadi kawasan yang bebas kabel udara, baik kabel listrik maupun fiber optic.

Proyek penataan Simpang Gondomanan tersebut menggunakan anggaran Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp 12,2 miliar.

"Nantinya, tidak akan ada lagi kabel-kabel udara di simpang empat Gondomanan. Seluruh kabel listrik dan fiber optic akan diturunkan, di-ducting," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Indonesia Shopping Festival hadir di Jogja, berikut daftar mall yang berikan diskon HUT RI hingga 77 persen

Diutarakan, pekerjaan ducting kabel listrik dan fiber optic di simpang Gondomanan tersebut merupakan bagian dari penataan wajah Kota Jogja.

"Kami ingin menunjukkan wajah Kota Jogja yang semakin tertata dan cantik karena tidak ada lagi kabel yang melintang di udara," katanya seperti dilansir dari Antara.

Sebelumnya, penataan kabel listrik dan fiber optic dengan cara ducting sudah dimulai di simpang Tugu Jogja yang menjadi ikon kota tersebut dan destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Ditetapkan sebagai Gubernur DIY periode 2022-2027, Sri Sultan HB X minta tak ada perayaan berlebihan

Penataan kabel udara kemudian dilanjutkan di simpang empat Gramedia sehingga simpang tersebut pun bebas dari kabel listrik dan fiber optic yang terpasang melintang jalan. Seluruh penataan kabel listrik dan fiber optic tersebut dilakukan bersamaan dengan revitalisasi pedestrian di kedua kawasan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Organda DIY naikkan tarif angkutan umum 18-22 persen

Selasa, 6 September 2022 | 07:00 WIB
X