• Kamis, 29 September 2022

Perhitungkan waktu tanam, penutupan pintu air Dam Colo Sukoharjo dimungkinkan mundur 16 Oktober

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Petani di Desa Sapen Kecamatan Mojolaban Sukoharjo panen padi.  (Wahyu imam ibadi)
Petani di Desa Sapen Kecamatan Mojolaban Sukoharjo panen padi. (Wahyu imam ibadi)

HARIAN MERAPI - Penutupan pintu air Dam Colo Nguter Sukoharjo untuk perawatan rutin tahunan yang biasanya selalu dilaksanakan setiap 1 Oktober, mulai tahun 2022 ini dimungkinkan mundur menjadi 16 Oktober.

Hal ini dilakukan untuk kali pertama tahun ini setelah petani memberikan usulan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan solo (BBWSBS) selaku pihak pengelola Dam Colo Nguter karena alasan perhitungan waktu tanam padi petani di sejumlah daerah yang menggunakan air dari Dam Colo Nguter.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur Jigong Sarjanto, Rabu (10/8/2022) mengatakan, sudah mendapat informasi mengenai rencana penutupan pintu air Dam Colo Nguter mulai tahun 2022 ini mundur dari waktu normal biasanya tanggal 1 Oktober menjadi 16 Oktober. Pengunduran waktu penutupan pintu air Dam Colo baru akan dilaksanakan mulai tahun 2022 ini. Sebab sebelumnya selalu rutin ditutup 1 Oktober.

Baca Juga: Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022, ini logo resmi lengkap dengan arti dan maknanya

P3A Dam Colo Timur sudah mengajukan pengunduran waktu penutupan pintu air Dam Colo Nguter sejak tahun 2021 lalu. Namun pada saat itu BBWSBS tetap melaksanakan penutupan pintu air sesuai jadwal 1 Oktober. Sedangkan tahun 2022 ini kemungkinan besar akan mundur menjadi tanggal 16 Oktober.

"Tahun 2022 ini penutupan pintu air Dam Colo mundur 16 Oktober. Ini baru kali pertama diterapkan karena sebelumnya selalu sesuai waktu 1 Oktober. Kami sudah terima informasi tersebut dan akan terus kami koordinasikan dengan BBWSBS kepastiannya," ujarnya.

P3A Dam Colo Timur sekarang mulai melakukan sosialisasi awal ke para petani. Hal ini penting mengingat informasi penutupan pintu air Dam Colo Nguter sangat dibutuhkan petani berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan air untuk tanam padi.

Edukasi juga dilakukan kepada petani berkaitan dengan waktu penutupan pintu air Dam Colo Nguter mundur. Petani diharapkan bisa memaksimalkan waktu dengan mengatur pola tanam dan panen padi.

Baca Juga: Mengetahui Anaknya ditembak atas perintah Ferdy Sambo, ini reaksi ibu Brigadir J

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dishub Sukoharjo temukan angkudes naikkan tarif

Kamis, 22 September 2022 | 17:50 WIB
X