• Kamis, 6 Oktober 2022

Bisnis obat tradisional mampu gerakkan perekonomian, sekaligus membuat masyarakat sehat

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:35 WIB
Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa saat membuka Kemandirian Nasional Dalam Penyediaan Bahan Baku Obat Bahan Alam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu dan Daya Saing Produk-Produk Obat Tradisional di Hotel Best Western Premier Solo Baru Grogol, Kamis (4/8).  (Wahyu Imam Ibadi)
Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa saat membuka Kemandirian Nasional Dalam Penyediaan Bahan Baku Obat Bahan Alam Sebagai Upaya Peningkatan Mutu dan Daya Saing Produk-Produk Obat Tradisional di Hotel Best Western Premier Solo Baru Grogol, Kamis (4/8). (Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Kemandirian nasional dalam penyediaan bahan baku obat dari bahan alam sangat diperlukan dalam memproduksi obat tradisional yang bermutu dan berdaya saing.

Keberadaan pelaku usaha obat tradisional terus berkembang termasuk di Kabupaten Sukoharjo. Pelaku usaha obat tradisional mampu menggerakan peningkatan ekonomi sekaligus membantu masyarakat sehat.

Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa di Solo, Kamis (4/8/2022) mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan kekayaan hayati yang berlimpah, khususnya tumbuhan berkhasiat obat tradisional atau yang lebih dikenal dengan jamu.

Baca Juga: Tepis tuduhan negatif, gerakan Dapur Umum nyatakan transparan kelola dana donatur

Secara tradisional dan turun-temurun, nenek moyang Bangsa Indonesia telah memanfaatkan tanaman berkhasiat bagi kesehatan, khususnya dalam bentuk ramuan jamu.

Jamu adalah sebutan orang jawa terhadap obat tradisional hasil ramuan tumbuh-tumbuhan asli dari alam yang tidak menggunakan bahan kimia sebagai zat tambahan.

Jamu telah dikenal sejak zaman nenek moyang sebelum pengobatan modern masuk ke Indonesia. Oleh karenanya, banyak resep racikan jamu sudah berumur ratusan tahun dan digunakan secara turun-temurun sampai saat ini.

Berbagai penelitian modern telah membuktikan bahwa bermacam tanaman yang merupakan bahan dasar racikan jamu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan sentra penjualan jamu tradisional yang cukup dikenal di Indonesia.

Baca Juga: Pengalaman misteri Gatot saat menunggu tukang bakso keliling di malam hari, hanya tampak nyala api berjalan

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X