• Sabtu, 10 Desember 2022

Mulai panen tembakau, APTI surati Presiden Jokowi, ini permintaan para petani...

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Petani merawat tembakau di areal budi daya di Lereng Gunung Sindoro masuk di Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung (Foto: Arif Zaini Arrosyid)
Petani merawat tembakau di areal budi daya di Lereng Gunung Sindoro masuk di Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung (Foto: Arif Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Mulai panen tembakau, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) berkirim surat pada presiden Jokowi.

Surat pada Jokowi tersebut dikirimkan langsung oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) APTI pada Selasa (2/8/2022).

Isi surat pada Jokowi itu berisi tentang permohonan penolakan revisi PP 109 Tahun 2012.

Ketua Umum DPN APTI Agus Parmuji mengatakan surat antara lain berisi bahwa petani di beberapa sentra budidaya tembakau sudah mulai panen dan mengharap perlindungan dari pemerintah.

Baca Juga: Sirkuit Losail Qatar tidak lagi jadi seri pembuka MotoGP 2023, ada apa?

"Kami mengharapkan kebijakan perlindungan agar bisa melangsungkan dan merawat budi daya tembakau dari sekarang hingga di masa yang akan datang sebagai kekuatan fondasi ekonomi Desa," kata Agus Parmuji.

Dia mengatakan pada saat ini petani tembakau dilanda gelombang keresahan dengan adanya isu revisi PP 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi kesehatan dan rencana kenaikan cukai setiap Tahun.

Dikatakan dengan situasi dan kondisi saat ini bahwa petani tembakau dalam keadaan terpuruk setelah masa pandemi Covid-19 dan kadang harus berhadapan dengan musim yang tidak menentu.

Baca Juga: Polres Semarang periksa kejiwaan pelaku mutilasi, begini hasilnya....

Agus menegaskan melalui surat tersebut memohon kepada Presiden Jokowi agar revisi PP 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi kesehatan untuk dibatalkan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

800 orang calon PPK Kabupaten Temanggung mengikuti CAT

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:25 WIB

Awas, potensi konflik tetap muncul pada Pemilu 2024 

Kamis, 17 November 2022 | 08:00 WIB

Melawan petugas, lima begal jalanan didor polisi

Minggu, 6 November 2022 | 12:15 WIB
X