• Kamis, 29 September 2022

KPU Gunungkidul kaji ulang peta Daerah Pemilihan (Dapil), ini alasannya

- Senin, 1 Agustus 2022 | 16:40 WIB
Logo KPU (KPU)
Logo KPU (KPU)

HARIAN MERAPI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul melakukan kaji ulang peta Daerah Pemilihan (Dapil) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pengkajian ulang Dapil oleh KPU Gunungkidul tersebut menyusul jadwal penyusunan ulang yang akan dilaksanakan mulai 14 Oktober 2022 hingga 9 Februari 2023 mendatang.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan pengkajian terhadap Dapil dalam pemilu merupakan hal biasa dan kegiatan ini merupakan evaluasi dan selalu dilaksanakan setiap menjelang pemilu.

Baca Juga: PSS Sleman kena denda Rp50 juta dari Komdis PSSI terkait laga kandang melawan PSM Makassar di Liga 1, ini alas

“Kegiatan kami laksanakan sesuai dengan tahapan yang ditentukan KPU,” katanya, Senin (1/8/2022).

Sementara kegiatan penyusunan Dapil tersebut akan berlangsung sekitar lima bulan mulai 14 Oktober 2022 hingga 9 Februari 2023.

Pada tahapan ini, semua kemungkinan masih terbuka, apakah petanya masih sama dengan Pemilu 2019 atau mengalami perubahan.

Adapun salah satu alasan mendasar untuk mengkaji ulang Dapil adalah penyesuaian berdasarkan atas perkembangan jumlah penduduk di setiap kapanewon.

Baca Juga: Pengamat: Ada tiga kemungkinan mengapa KIB masih cari anggota baru

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X