• Rabu, 5 Oktober 2022

BINDA DIY Gencarkan Vaksinasi Booster Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Baru

- Minggu, 10 Juli 2022 | 15:03 WIB
BINDA DIY gelar vaksinasi booster mencegah varian baru. (Foto: dokumentasi BINDA DIY)
BINDA DIY gelar vaksinasi booster mencegah varian baru. (Foto: dokumentasi BINDA DIY)

SLEMAN,harianmerapi. com- Badan Intelijen Daerah (Binda) DIY kembali menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster untuk mengejar perluasan warga yang mendapatkan dosis ketiga. Upaya ini dilakukan sebagai upaya mencegah varian baru yaitu BA.4 dan BA.5.

Koordinator Vaksinasi Binda DIY, Adi Riyanto saat pelaksanaan vaksinasi di Sleman City Hall Kamis (30/6/2022) lalu menuturkan berdasarkan data Pemda DIY, cakupan vaksinasi booster sebanyak 1.016.456 atau sekitar 35,30%, kemudian dosis kedua 2,87 juta jiwa atau 100,01% dan dosis pertama 3,10 juta jiwa atau 101,7%.

Pelaksanaan vaksinasi booster pun terus digencarkan dengan melibatkan berbagai pihak baik dari kalangan BIN DIY, Dinas Kesehatan dan stakeholder terkait.

Ia menjelaskan berbagai upaya dilakukan melibatkan berbagai pihak untuk menggelar vaksinasi terutama untuk menambah cakupan booster. Adapun vaksinasi yang disediakan berbagai jenis merek seperti pfizer, astrazeneca, sinovac dan lainnya.

Baca Juga: Beri Rasa Aman dan Nyaman Saat Perayaan Idul Adha, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Kulon Progo

Percepatan booster ini dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru BA.4 dan BA.5. Selain itu Kemenkes memperkirakan bakal terjadilah kenaikan Covid-19 usai liburan sekolah tepatnya pada Juli 2022 mendatang.

Karena saat liburan kemungkinan banyak pelaku perjalanan di berbagai daerah terutama di kawasan wisata.

"Karena menurut para ahli vaksinasi ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadi keparahan, sehingga cakupannya berusaha diperluas. Selain mencegah varian baru juga antisipasi usai libur sekolah," katanya.

"Kuota yang disediakan sebanyak 500 dosis namun hingga pukul 10.00 WIB yang datang baru sekitar 100 orang," jelasnya. Seorang warga yang ikut vaksinasi, Elvi mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi booster di tempat umum. "Apalagi di tempat pusat perbelanjaan seperti saat ini bikin rileks dan tak khawatir, " ucapnya.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Idham Samawi: Pemimpin Harus Berkarakter Pancasila

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:12 WIB

Angka kecelakaan di DIY tertinggi ke 4 di Indonesia

Sabtu, 24 September 2022 | 06:22 WIB

3 DPC Ikadin di DIY siap sukseskan Munas Surabaya

Jumat, 23 September 2022 | 13:55 WIB
X