• Jumat, 12 Agustus 2022

Tokoh NTT-Maluku Serahkan Pelaku Kerusuhan Babarsari, Sepakat Damai Seraya Minta Maaf kepada Warga Yogya

- Kamis, 7 Juli 2022 | 21:29 WIB
Tokoh masyarakat dari warga Maluku, NTT dan Papua saat berada di Polda DIY. (Foto: Samento Sihono)
Tokoh masyarakat dari warga Maluku, NTT dan Papua saat berada di Polda DIY. (Foto: Samento Sihono)

SLEMAN,harianmerapi.com- Tokoh masyarakat dari NTT dan Maluku sepakat menyerahkan beberapa orang yang terlibat kerusuhan Babarsari ke Polisi, Kamis (7/7/2022). Mereka juga meminta maaf karena kerusuhan Babarsari menimbulkan keresahan, kerugian material serta melukai sejumlah orang.

Pada Rabu malam, Forum Pemuda NTT menyerahkan Al alias L ke Polda DIY. Dia adalah satu satu dari dua tersangka kasus kerusuhan Babarsari yang dibidik polisi. Sementara satu tersangka lain yang sudah ditetapkan jadi buronon kini masih dicari polisi.

Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi SIK didampingi Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK kepada wartawan Kamis (7/7/2022) membenarkan penangkapan itu.

"Yang datang itu saudara AL dan didampingi beberapa rekannya," kata Ade Ary.
Dikatakan, tersangka AL terlibat kekerasan di Jambusari Condongcatur Depok.

Baca Juga: Tokoh Maluku, NTT dan Papua Ketemu Kapolda DIY, Sepakat Kasus Kerusuhan Babarsari Selesai: Waspadai Provokasi

Dalam kejadian tersebut tiga orang terluka parah. Korban pertama terluka pada bagian tangan kanan, korban kedua mengalami luka di leher akibat senjata tajam, yang korban ketiga luka pada bagian paha akibat busur panah.

Kekerasan di Jambusari merupakan buntut penusukan di rumah karaoke kawasan Babarsari. Di mana kelompok tersangka mencoba mencari pelaku kekerasan itu. Aksi balas dendam itu diduga salah sasaran hingga memicu keributan di Jambusari dan tiga orang mengalami luka pada Sabtu (2/7/2022).

Dikatakan Kombes Ade Ary, tersangka L yang masuk DPO datang ke Polda DIY bersama beberapa rekannya. Terhadap yang bersangkutan saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik di Mapolda DIY.

Menurutnya, AL datang ke Mapolda DIY bersama dengan perwakilan Forum Pemuda NTT. Saat ini polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan saksi-saksi, terkait peristiwa penganiayaan itu.

Baca Juga: Komisi A DPRD DIY Dorong Aparat Proses Hukum Pelaku Kerusuhan di Babarsari Sleman

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X