• Selasa, 16 Agustus 2022

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Libur Sekolah, BINDA DIY Gencarkan Vaksinasi Booster di Sejumlah Lokasi

- Minggu, 3 Juli 2022 | 12:42 WIB
Pelaksanaan vaksinasi booster yang digelar BINDA DIY (Foto: dokumentasi BINDA DIY)
Pelaksanaan vaksinasi booster yang digelar BINDA DIY (Foto: dokumentasi BINDA DIY)


SLEMAN,harianmerapi.com-Usai masa libur sekolah, diprediksi angka covid-19 di Indonesia pada umumnya akan meningkat seiring mobilitas warga yang tinggi. Guna mengantisipasi lonjakan kasus, Badan Intelijen Daerah (Binda) DIY terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster untuk warga DIY.

"Kami mengejar perluasan warga yang mendapatkan dosis ketiga sebagai upaya mencegah varian baru yaitu BA.4 dan BA.5," kata Koordinator Vaksinasi Binda DIY, Adi Riyanto saat pelaksanaan vaksinasi di Sleman City Hall akhir pekan kemarin. Dia menuturkan berdasarkan data Pemda DIY, cakupan booster di Jogja sebanyak 1.016.456 atau sekitar 35,30%, kemudian dosis kedua 2,87 juta jiwa atau 100,01% dan dosis pertama 3,10 juta jiwa atau 101,7%. 

Dijelaskan, pelaksanaan vaksinasi booster pun terus digencarkan dengan melibatkan berbagai pihak baik dari kalangan BIN DIY, Dinas Kesehatan dan stakeholder terkait.

Adapun vaksinasi yang disediakan berbagai jenis merek seperti pfizer, astrazeneca, sinovac dan lainnya.

Baca Juga: Waspadai Wabah PMK Jelang Idul Adha, Masyarakat Sukoharjo Diminta Tenang

Menurut Adi, Kemenkes memperkirakan bakal terjadilah kenaikan Covid-19 usai liburan sekolah tepatnya pada Juli 2022 mendatang. Karena saat liburan kemungkinan banyak pelaku perjalanan di berbagai daerah terutama di kawasan wisata. 

"Karena menurut para ahli vaksinasi ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadi keparahan, sehingga cakupannya berusaha diperluas. Selain mencegah varian baru juga antisipasi usai libur sekolah," katanya.

"Kuota yang disediakan sebanyak 500 dosis namun hingga pukul 10.00 WIB yang datang baru sekitar 100 orang," jelasnya.

Sebelumnya BIN DIY kembali menggencarkan program vaksinasi booster setelah sempat vakum. Dimulai dari wilayah Tempel kemudian beralih ke Polsek Godean dan kemudian di kompleks SCH Sleman.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X