• Rabu, 5 Oktober 2022

Hikmahanto Juwana Berharap Diplomasi Jokowi ke Ukraina-Rusia Hasilkan Gencatan Senjata

- Jumat, 1 Juli 2022 | 11:30 WIB
Tangkapan layar Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana.  (ANTARA/Muhammad Zulfikar)
Tangkapan layar Pakar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)


JAKARTA, harianmerapi.com - Banyak yang berharap kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia membawa hasil positif.


Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana misalnya, ia berharap diplomasi Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia dapat menghasilkan gencatan senjata.

“Perjalanan Presiden sangat positif dan mudah-mudahan menghasilkan genjatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia,” ujar Hikmahanto Juwana dalam keterangan di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Keadaban Bernegara Hukum

Presiden Joko Widodo sangat cerdas untuk menghadirkan gencatan senjata dengan gambaran besar akan terjadi krisis pangan di negara-negara berkembang karena perang berdampak pada rantai pasokan gandum dan pupuk.

“Ini yang Bapak Presiden sampaikan dalam pertemuan G7, pertemuan dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin,” kata dia.

Presiden Joko Widodo, lanjut dia, esensinya ingin menyampaikan terlepas dari alasan dari pihak-pihak yang terlibat dalam perang, termasuk AS dan sekutunya, bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan.

Baca Juga: Pj Walikota Minta Sosok Staf 'Mejeng' Ucapkan HUT Salatiga di Baliho atau Videotron

Selanjutnya Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin antusias atas kehadiran Presiden Joko Widodo. Ini karena dua negara tersebut sudah lelah dalam perang.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Helikopter hilang kontak di Perak Malaysia

Minggu, 11 September 2022 | 21:00 WIB
X