• Jumat, 12 Agustus 2022

Pasar Umat Digelar Usai Kajian di Al Aman Godean Sleman, Wujudkan Masjid Sebagai Pusat Kesejahteraan Rakyat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 21:30 WIB
Sebagian pedagang peserta Pasar Umat, bertempat di halaman utara Masjid Al Aman.  (Foto: Sulistyanto)
Sebagian pedagang peserta Pasar Umat, bertempat di halaman utara Masjid Al Aman. (Foto: Sulistyanto)


SLEMAN, harianmerapi.com – Usaha mewujudkan masjid sebagai pusat kesejahteraan rakyat dapat dilakukan dengan beragam langkah. Salah satunya rutin digelar Pasar Umat atau Pasar Rakyat, yakni dapat mempertemukan antara pedagang serta pembeli tak jauh dari bangunan masjid.

Seperti halnya di halaman utara Masjid Al Aman Sidoarum Godean Sleman, setiap selesai kajian Ahad Pagi, digelar Pasar Umat. Mayoritas pedagang berasal tak jauh dari Al Aman, antara lain ada yang menyediakan jajanan pasar, pakaian, sayur, bumbu, buah-buahan dan tanaman hias.

“Selain Pasar Umat, sebenarnya ada juga lapak klithikan antara lain ada alat-alat rumah tangga, elektronik, tas dan sepatu. Tapi, saat ini stok barang-barangnya sedang menipis,” ungkap Ketua Takmir Al Aman, Susdarisman SSosI, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Merah di Caturtunggal Sleman Butuh Waktu Hingga 5 Bulan

Ditemui di sela-sela pelaksanaan Pasar Umat, Darisman menjelaskan, barang-barang yang dijual di lapak klithikan tersebut banyak berasal dari sedekah para jamaah. Sebagian sudah bekas, namun masih layak pakai.

Bahkan pernah ada yang sedekah sepeda motor bekas, serta satu paket tas berisi sepatu sampai sarung tangan untuk touring. Sebagai penjaga lapak klithikan ada tim khusus.

Ditambahkan, dengan kegiatan tersebut termasuk bagian dari membangkitkan kembali perekonomian di masyarakat, sebab imbas dari pandemi Covid-19. Tak kalah penting pula untuk lebih mempererat ukhuwah Islamiyah dan bagian dari usaha mewujudkan masjid sebagai pusat kesejahteraan rakyat.

Baca Juga: AmbulanMu PCM Seyegan Gelar Khitanan Massal di SMK Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman

Masih banyak terkait dengan bidang ekonomi, sebutnya, di Al Aman ada Badan Usaha Milik Masjid (BUMM), antara lain mengelola cuci motor/mobil/karpet, toko kelontong, terapi kesehatan/bekam, angkringan serta potong rambut.

Sementara itu menurut sebagian pedagang Pasar Umat di Al Aman, adanya kajian lalu disambung Pasar Umat dapat memberi banyak manfaat. Bahkan lebih bisa memudahkan para peserta kajian untuk belanja barang-barang/makanan-minuman/kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X