• Kamis, 18 Agustus 2022

Usai Apel Siaga, Mentan Syahrul Yasin Limpo Pimpin Vaksinasi PMK di Sukoharjo

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 19:45 WIB
Mentan Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo saat memimpin vaksinasi PMK ke hewan ternak sapi di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. (Foto: Wahyu imam ibadi)
Mentan Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo saat memimpin vaksinasi PMK ke hewan ternak sapi di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. (Foto: Wahyu imam ibadi)

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo memimpin Apel Siaga dan Vaksinasi Perdana Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Tengah.

Kegiatan apel digelar di halaman kantor Pemkab Sukoharjo dan vaksinasi di kelompok ternak sapi Sumber Makmur di Dukuh Juron RT 2 RW 2 Desa Mertan Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Sabtu (18/6/2022).

Pemerintah pusat sendiri sekarang memiliki stok sebanyak 800 ribu dosis vaksin PMK. Sedangkan Pemkab Sukoharjo akan menerima sebanyak 35 ribu dosis vaksin PMK pada tahap awal.

Baca Juga: Siapkan Lima Lagu, Super Junior akan 'Comeback' lewat Album Bertajuk 'The Road: Keep on Going'

Jumlah vaksin PMK untuk Pemkab Sukoharjo kemungkinan akan ditambah mengingat populasi hewan ternak di Kabupaten Sukoharjo lebih dari 50 ribu ekor.

Mentan Syahrul Yasin Limpo usai memimpin apel dan vaksinasi PMK mengatakan, ada di Kabupaten Sukoharjo untuk memulai memasifkan upaya upaya memvaksinasi dalam rangka pencegahan PMK. PMK memang ada dan tentu berharap PMK bisa dikendalikan.

"Kita tentu berharap dengan segala kemampuan yang kita miliki, bersama bersama, sekali lagi kebersamaan menjadi penting antara Kementerian Pertanian, jajaran pemerintah provinsi, jajaran kabupaten dan bersama semua stakeholder lain dan perguruan tinggi, dan asosiasi terlibat didalamnya berkerjasama di lapangan," ujarnya.

Mentan berharap selain vaksin juga memperketat lalu lintas hewan. Artinya hewan ternak boleh keluar dari tempat yang ditentukan tapi pakai sertifikat atau surat keterangan hewan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Besok Minggu 19 Juni 2022, Jangan Sia-siakan Pasangan yang Selalu Berjuang Jadi Terbaik

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X