• Minggu, 2 Oktober 2022

Awas Kena Sanksi, Jemaah Calon Haji Diminta Tidak Lakukan Tindakan Tercela di Masjidil Haram

- Rabu, 15 Juni 2022 | 18:55 WIB
Dokumentasi - Jamaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi.  (ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Media)
Dokumentasi - Jamaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi. (ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Media)

MEKKAH, harianmerapi.com - Jemaah calon haji Indonesia diminta tidak melakukan tindakan tercela dan berfoto-foto berlebihan di Masjidil Haram terutama di area tawaf.

"Dalam pelaksanaan umrah perdana jemaah diimbau tidak melakukan hal-hal yang dilarang otoritas Saudi," kata Sekretaris Sektor Khusus Masjidil Haram Slamet Budiono di Mekkah, Rabu (15/6/2022).

Ia menjelaskan hal-hal yang dilarang misalnya membentangkan spanduk, membawa barang-barang yang tidak perlu untuk ditunjukkan di Masjidil Haram, mencuri hingga foto-foto berlebihan sehingga memancing petugas keamanan.

Baca Juga: Ledakan di Banyumas Tewaskan Satu Orang, Tim Labfor Polda Jateng Kumpulkan Barang Bukti, Ini Jenis Ledakannya

"Jika mau selfie (swafoto) yang sewajarnya saja, tidak usah berlebihan. Jangan terlalu dekat dengan askar. Apabila lakukan hal-hal yang tidak sewajarnya di Masjidil Haram, itu ada sanksi," katanya.

Jika ada yang melakukan tindakan tersebut pihak keamanan atau biasa disebut askar akan menindak tegas mulai dari diinterogasi, bahkan jika pelanggaran berat bisa sampai ditahan.

Sanksi yang diberikan tergantung dengan berat ringannya pelanggaran yang dilakukan, mulai dari ditahan, tidak bisa melaksanakan haji hingga dideportasi.

Baca Juga: Sepasang ABG Diduga Berbuat Mesum di Dalam Mobil di Parkiran Masjid Wonosari Gunungkidul Diamankan Polisi

"Saya ingatkan kembali kepada jemaah haji bahwa tujuan semula ke sini adalah untuk berhaji melengkapi rukun Islam kelima. Karena itu luruskan niat kita untuk betul-betul ingin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT," katanya.

Jemaah calon haji Indonesia mulai masuk ke Mekkah dari Madinah sejak Minggu (12/6) malam untuk melaksanakan umrah wajib dalam rangkaian ibadah haji 1443H/2022M.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Helikopter hilang kontak di Perak Malaysia

Minggu, 11 September 2022 | 21:00 WIB
X