• Jumat, 12 Agustus 2022

Serunya Lomba Astrofotografi dan Roket Air di Objek Wisata Waduk Sermo

- Minggu, 29 Mei 2022 | 17:00 WIB
Proses penilaian roket air buatan para pelajar dalam acara Star Camp Jogja 2022 di Waduk Sermo. (Foto Amin Kuntari )
Proses penilaian roket air buatan para pelajar dalam acara Star Camp Jogja 2022 di Waduk Sermo. (Foto Amin Kuntari )

KULON PROGO, harianmerapi.com - Sebagai upaya mengenalkan teknologi luar angkasa kepada para pelajar, Dinas Pariwisata Kulon Progo bekerjasama dengan Komunitas Jogja Astro Club menggelar Lomba Astrofotografi dan Roket Air di Objek Wisata Waduk Sermo, Kokap, Sabtu-Minggu (28-29/5/2022).

Dipilihnya Waduk Sermo dalam helatan bertajuk Star Camp Festival 2022 ini sekaligus menjadi upaya dinas dalam mengangkat potensi pariwisata di Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito mengatakan, ada dua kegiatan utama dalam lomba ini, yakni kompetisi fotografi astronomi dan lomba roket air bagi pelajar. Pesertanya adalah pelajar tingkat SMP dan SMA di Kulon Progo.

Baca Juga: Bentrok Geng Sekolah Makan Korban Jiwa di Kota Jogja, Siswa SMP Asal Sleman Tewas, Ini Kronologinya

"Kegiatan ini merupakan realisasi konsep pariwisata kolaboratif antara Dinas Pariwisata dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) serta Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kulon Progo," kata Joko, Minggu (29/05/2022).

Ia menuturkan, Star Camp Festival 2022 bertujuan untuk mengenalkan teknologi luar angkasa kepada anak-anak. Dalam kegiatan ini, sebanyak 31 peserta ambil bagian pada kompetisi astrofotografi. Sedangkan lomba roket air diikuti oleh 12 kelompok perwakilan SMP sederajat di Kulon Progo.

"Kami memilih lokasi Waduk Sermo sebagai upaya mengenalkan destinasi ini menjadi tempat yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengamatan obyek langit maupun kegiatan astronomi lainnya. Sebab, pengenalan teknologi astronomi perlu diimbangi dengan penyediaan tempat yang mendukung," imbuhnya.

Baca Juga: Peduli Masalah Stunting, Warga Maluku Bagi-Bagi Paket Gizi di Kulon Progo

Joko mengakui, kegiatan Star Camp Festival 2022 saat ini masih dalam tahap uji coba dan akan dievaluasi. Namun tidak menutup kemungkinan, ke depan kegiatan serupa akan dihelat untuk tingkat regional maupun nasional.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kulon Progo serahkan santunan anak yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:50 WIB

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X