Banjir Rob Landa Pesisir Pantura, Ganjar Pranowo Minta Pemda Siapkan Posko Darurat

- Senin, 23 Mei 2022 | 20:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkoordinasi dan mengecek penanganan banjor rob di Kota Semarang, Senin (23/5/2022). ( ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkoordinasi dan mengecek penanganan banjor rob di Kota Semarang, Senin (23/5/2022). ( ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, harianmerapi.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah daerah yang wilayahnya di pesisir Jateng agar menyiapkan posko darurat lengkap guna penanganan dampak banjir rob.

"Seluruh pantura sekarang lagi kita minta koordinasi untuk stand by khususnya yang di Kota Semarang, di Demak, terus di Pati, juga ada lalu di Pekalongan," kata Ganjar saat mengecek penanganan banjir rob di Semarang, Senin (23/5/2022).

Posko darurat lengkap yang dimaksud Ganjar adalah terdiri dari sektor kesehatan, kebencanaan hingga dapur umum sebab ada laporan warga yang tak bisa mengevakuasi keluarganya karena banjir rob.

Baca Juga: Banjir Rob Landa Pesisir Kota Semarang, Ribuan Pekerja Menyelamatkan Diri

"Kita minta untuk memberikan laporan-laporan, jadi yang sampai ke saya langsung saya bagikan dan mereka diteleponi kita minta untuk diturunkan tim ya agar tim rescuenya bisa cepat dievakuasi," ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu menyebut banjir rob terjadi akibat anomali cuaca dan BMKG terus memperbarui informasi terkini mengenai cuaca sehingga meminta masyarakat terus memantau perkembangannya.

"Perkiraan masih akan berlangsung, mudah-mudahan kita bisa menyiapkan karena memang cukup tinggi dari lautnya naik cukup tinggi,” katanya.

Baca Juga: Aksi Kekerasan Jalanan Pengemudi Mitsubishi Pajero, Polda Metro Jaya Pastikan Tangani Perkara Tersebut

Menurut Ganjar, BMKG telah menginformasikan bahwa kenaikan pasang air laut akan tinggi dalam beberapa waktu ke depan.

"Mudah-mudahan akan bisa turun. Jadi kalau tadi disampaikan dari BMKG, maka prakiraannya ya kira-kira dari jam akan kelihatan turun," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X