• Senin, 27 Juni 2022

Penyebab Hepatitis Akut Misterius Teridentivikasi, Wamenkes : Adenovirus Penyebabnya

- Senin, 23 Mei 2022 | 21:40 WIB
Ilustrasi - Hepatitis  (ANTARA/HO-Sutterstock)
Ilustrasi - Hepatitis (ANTARA/HO-Sutterstock)

JAKARTA, harianmerapi.com - Sebanyak 74 persen dari total 614 pasien anak diduga hepatitis akut misterius di sejumlah negara positif mengandung Adenovirus.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono menyatakan, Adenovirus sebagai salah satu hipotesis penyebab hepatitis akut misterius.

"Karena 74 persen dari total 614 yang terkena, positif Adenovirus, tapi tidak semua Adenovirus," kata Dante Saksono Harbuwono saat sesi tanya jawab dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Banjir Rob Landa Kawasan Pesisir Kota Semarang dan Pantai Utara Jawa Tengah

Dante mengatakan para ahli kesehatan dunia juga terus mendalami 74 persen strain Adenovirus yang dialami pasien untuk memastikan secara klinis sebagai partner konfirmasi dalam kasus hepatitis misterius.

Hipotesis kedua terkait penyebab hepatitis akut misterius pada anak di bawah umur 16 diakibatkan oleh sindrom SARS-CoV-2 usai infeksi yang belum diketahui sebelumnya. Ketiga, adalah hipotesis akibat pengaruh obat, racun atau paparan lingkungan.

"Dalam fenomena one health, obat, racun dan paparan lingkungan terutama dari hewan bisa sebabkan penularan pada manusia. Sehingga mungkin hepatitis misterius diakibatkan itu," katanya.

Baca Juga: Cerita Lucu Pengisi Acara Syukuran Diborong Tuan Rumah dan Dompet Hilang Enam Hari Kembali utuh

Berikutnya adalah patogen baru yang belum diketahui dan kelima adalah hipotesis varian baru SARS-CoV-2 yang mungkin muncul dan masih terus diteliti.

Dante mengatakan Kemenkes melakukan pemeriksaan terhadap dugaan kasus hepatitis akut misterius melalui sejumlah panel, di antaranya saluran napas, gastrointestinal (saluran cerna) dan hepatitis A, B, C serta E. Seluruhnya dilakukan secara simultan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X