• Senin, 27 Juni 2022

Petani Sayur Lereng Lawu Curhat Harga Anjlok: Akibat Harga Pupuk Hingga Persaingan Tak Sehat

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:35 WIB
Ladang daun bawang petani Tawangmangu  (foto:Abdul Alim)
Ladang daun bawang petani Tawangmangu (foto:Abdul Alim)

 

KARANGANYAR,harianmerapi.com-petani sayur lereng Lawu mengeluhkan jatuhnya harga panennya. Penyebabnya persaingan tidak sehat dan kelangkaan pupuk urea.

Petani asal Desa Gumeng, Jenawi, Tardi mengatakan hanya cabai merah keriting yang mampu bertahan di harga Rp20-an ribu perkilo. Sedangkan jenis sayuran lainnya dihargai murah.

“Daun bawang perkilo hanya Rp4 ribu dari sebelumnya Rp4.500. Bawang merah Rp12 ribu-Rp13 ribu. Idealnya Rp18 ribu. Belum lagi sawi hijau dan kubis. Harganya jatuh. Jeruk lemon saja dibeli tengkulak Rp2 ribu perkilo. Seakan tak dihargai jerih payah kami sebagai petani,” kata Tardi berkeluh kesah, Sabtu (21/5/2022).

Ia menyebut omzet penjualan hasil bumi tak bisa menutuip ongkos bercocok tanam. Tardi menyebut para petani sayur di lereng Lawu lagi bangkrut.

Baca Juga: Sewu Dino Bagian 36: Dela Kembali Menebar Teror di Malam Jumat Kliwon, Reaksi Sri Tak Terduga

Kondisi seperti ini sudah berlangsung setahun terakhir. Pemicunya pupuk urea yang langka mengakibatkan harganya melambung. Dari semula Rp100 ribu per 25 kilogram menjadi Rp400 ribu.

Ia menyontohkan, kebutuhan bercocok tanam per patok dari sebelumnya Rp6 juta per musim, kini naik Rp9 juta.

“Biaya operasionalnya tinggi. Petani sayur sudah bagus jika biayanya impas. Tapi kebanyakan nombok. Bahkan bangkrut. Untuk berhenti bercocok tanam enggak mungkin. Hanya ini mata pencaharian kami. Buat makan sehari-hari. Enggak ada sisa buat lainnya,” katanya.

Ia mengakui persaingan usaha juga menyebabkan jatuhnya harga sayuran petani lokal. Masuknya sayuran dari luar kota dengan harga lebih murah membuat tengkulak beralih ke lain hati.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketersediaan Cabai pada Idul Adha Dipastikan Aman

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:35 WIB
X