• Senin, 27 Juni 2022

DPRD Pati Gagal Usulkan Pansus Hak Angket Kisruh Ujian Calon Perangkat Desa, Ini Permasalahannya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:43 WIB
Logo DPRD Pati (DPRD Pati)
Logo DPRD Pati (DPRD Pati)

PATI, harianmerapi.com - DPRD Pati akhirnya gagal menggolkan usulan hak angket masalah ujian calon perangkat desa.

Hal tersebut disebabkan banyaknya anggota DPRD Pati yang bolos saat rapat paripurna membahas hak angket, sehingga tidak kuorum.

"Memang banyak pihak sudah menerka kalau hak angket DPRD Pati akan gagal," kata Presidium LSM Dewan Kota, Drs Pramudya, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Sewu Dino Bagian 24: Pasak Jagor itu Dibanting, Erna Tidak Sadar Begitu Mengerikan Konsekuensinya

Pada rapat paripurna DPRD Pati dengan agenda Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Ujian Calon Perangkat Desa (Perades), Selasa (17/5/2022) ternyata jumlah anggota dewan yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Dari total 50 anggota DPRD Pati, hanya 22 anggota yang hadir. Sedang 28 tidak hadir. Padahal, jumlah minimal untuk menggolkan agenda rapat, sedikitnya dibutuhkan kehadiran 26 anggota.

Sesuai tatib DPRD Nomor 1 Tahun 2019 pasal 164 ayat 6, jika rapat tidak memenuhi kuorum, maka rapat ditutup dan keputusan mekanismenya diserahkan kepada Ketua DPRD dan Ketua Fraksi.

Baca Juga: Bus Rombongann Takziah Kecelakaan di Ringroad, Satu Tewas Belasan Luka-luka, Ini Kronologi Lengkapnya

Ketua DPRD Pati, H Ali Badrudin menyayangkan sikap beberapa anggota fraksi yang tidak hadir. Padahal sebelumnya telah menyetujui pembentukan panitia angket.

"Padahal pada rapat pertama, ada 43 anggota dewan yang menyetujui dan menandatangani pembentukan panitia angket," jelasnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketersediaan Cabai pada Idul Adha Dipastikan Aman

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:35 WIB
X