• Senin, 27 Juni 2022

Wisuda Santri Angkatan I Rutab Al Qarni, Bukti Kesuksesan Menghafal Al Quran Sejak Usia Dini

- Senin, 9 Mei 2022 | 09:00 WIB
Salah satu penampilan hafalan kelas Idad 2 dalam rangkaian Wisuda Santri Angkatan I Ritab Al Qarni. (Foto: Yusron Mustaqim )
Salah satu penampilan hafalan kelas Idad 2 dalam rangkaian Wisuda Santri Angkatan I Ritab Al Qarni. (Foto: Yusron Mustaqim )

BANTUL, harianmerapi.com - Rumah Tahfidz Anak dan Balita (Rutab) Al Qarni Payaman Utara sukses melaksanakan wisuda santri angkatan I di Joglo Gandung Pardiman Center (GPC) di Numpukan Karang Tengah Imogiri Bantul, Minggu (8/5/2022).

Wisuda tersebut sebagai bukti kesuksesan Rutab dalam mendidik anak-anak balita dalam menghafal Al Quran.

"Kami mengenalkan Al Quran kepada anak mulai usia 2 tahun setiap hari 1 huruf hijaiyah sampai 5 huruf dan Allah izinkan masuk Al Quran di usia 4 sampai 5 tahun," ujar Kepala Rutab Al Qarni, Ustadzah Nur Latifah SPd.

Baca Juga: Kemenag Akhirnya Umumkan Calon Jamaah Haji 2022 yang Berhak Berangkat

Kunci sukses dalam pembelajaran Al Quran di Rutab Al Qarni tak lain adanya kurikulum penanaman adab, penanaman iman dan penanaman Al Quran.

Seperti diterangkan, di mana Imam Syafi'i di usia 7 tahun sudah selesai dalam menghafal Al Quran 30 juz.

Hal itu diyakini dalam adab telah dikedepankan, iman yang dimiliki sangat kuat sehingga ilmu yang diterima dengan kesadaran sangat tinggi.

Meski Al Quran diajarkan sejak balita namun metode pembelajaran yang dilakukan tidak memaksa anak untuk menghafal Al Quran.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Islam adalah Melahirkan Hamba-hamba Allah Yang Maha Rahman (‘Ibadurrahman)

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X