• Kamis, 7 Juli 2022

Tradisi Lomban Larung Kepala Kerbau di Jepara Digelar Senin 9 Mei 2022, Bisa Diikuti Masyarakat Umum

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 19:35 WIB
Miniatur perahu yang berisi kepala kerbau tengah dilarung di laut Jepara, Jawa Tengah, pada pesta lomban kupatan sebelum masa pandemi Covid-19. ( ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.)
Miniatur perahu yang berisi kepala kerbau tengah dilarung di laut Jepara, Jawa Tengah, pada pesta lomban kupatan sebelum masa pandemi Covid-19. ( ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.)

JEPARA, haranmerapi.com - Tradisi lomban atau larung kepala kerbau di laut Kabupaten Jepara dijadawalkan berlangsung Senin 9 Mei 2022.

Pada pelaksanaan tahun ini, dipasikan bakal lebih meriah, karena masyarakat umum bisa mengikutinya setelah sebelumnya dibatasi akibat pandemi Covid-19.

"Nantinya masyarakat bisa mengikuti pesta lomban dan festival kupat lepet setelah dua tahun tak bisa mengikutinya," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Ida Lestari di Jepara, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Anak Hilang Terseret Arus Sungai Cihonje di Sumedang, Tim SAR Masih Mencari Korban Hingga Hari Keempat

"Namun demikian kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap hati-hati saat mengikuti larung kepala kerbau di laut," lanjutya sebagaimana dikutip harianmerapi.com dari Antara.

Dalam pelaksanaan larung kepala kerbau nanti, kata dia, panitia hanya menyediakan dua kapal untuk Bupati Jepara serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat.

Terkait jumlah kapal nelayan yang boleh mengikuti, kata dia, selama ini para nelayan sudah lebih dahulu berada di lokasi yang nantinya menjadi tempat pelarungan kepala kerbau.

Ia memperkirakan nelayan yang mengikuti acara tersebut cukup banyak karena memang acara tersebut untuk para nelayan sebagai tradisi tahunan.

Baca Juga: Kisah Lucu Lupa Melepas Helm Saat Menerima SK PPPK dan Memakai Masker di Rumah Agar Tak Kebanyakan Ngemil

Tradisi larung lomban tersebut, menurut dia, sebagai ungkapan syukur masyarakat Jepara khususnya warga pesisir atau nelayan setelah setahun melakukan kegiatan pelayaran menangkap ikan dan mendapat limpahan rezeki dari Allah SWT.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X