• Rabu, 5 Oktober 2022

Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Indonesia, BMKG : Aceh Masuk Dalam Kategori Siaga

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 06:53 WIB
Ilustrasi- hujan  (ANTARA/Nova Wahyudi)
Ilustrasi- hujan (ANTARA/Nova Wahyudi)

JAKARTA, harianmerapi.com - Sebagian besar provinsi di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, seperti di Pulau Jawa.

Dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Sabtu (7/5/2022), wilayah yang berpotensi mengalami hujan berada di sebagian besar Sumatera.

Di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Kemudian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Lima Manfaat Sikap Qana’ah, Salah Satunya Mengatasi Berbagai Problema Hidup Seperti Terbelit Utang

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Sementara DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Papua Barat diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Khusus untuk wilayah Ibu Kota, hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada malam hari, Jakarta Selatan pada siang dan malam serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

Baca Juga: Libur Lebaran, Peningkatan Kasus Covid-19 Baru Akan Terlihat Sebulan Mendatang

Sejumlah daerah juga masuk dalam kategori siaga dan waspada akan dampak hujan lebat yang terjadi. BMKG memperingatkan Aceh masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Sementara itu, provinsi yang wilayahnya masuk dalam kategori waspada untuk hari ini adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X