• Sabtu, 25 Juni 2022

Kenaikan Jumlah Penumpang Kereta Didominasi Kedatangan dari Jakarta

- Selasa, 26 April 2022 | 20:29 WIB
Kapolda DIY bersama Vice President PT KAI Daop VI Yogyakarta tiba di Stasiun Wates usai mengecek jalur kereta api  (Foto: Amin Kuntari)
Kapolda DIY bersama Vice President PT KAI Daop VI Yogyakarta tiba di Stasiun Wates usai mengecek jalur kereta api (Foto: Amin Kuntari)

 

KULON PROGO, harianmerapi.com - Jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop VI Yogyakarta sudah mulai menunjukkan kenaikan pada arus mudik Lebaran 2022 saat ini.

Kenaikan jumlah penumpang tersebut didominasi kedatangan dari arah barat terutama Jakarta.

Vice President PT KAI Daop VI Yogyakarta, Iwan Eka Putra mengatakan, grafik penumpang kereta api di Daop VI sudah mulai menunjukkan kenaikan.

Meski demikian, dari 260.000 tempat duduk yang disediakan selama arus mudik dan arus balik Lebaran, saat ini baru terisi sekitar 60 persen. Padahal, tiket kereta api sudah bisa dipesan calon penumpang sejak 35 hari sebelum Lebaran.

Baca Juga: Truk Angkutan Pasir Dilarang Beroperasi selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

"Sudah mulai ada kenaikan, tapi masih kedatangan yaitu dari arah barat, Jakarta dengan jumlah penumpang sekitar 9.000 per hari. Kami perkirakan puncaknya pada H-1 Lebaran," kata Iwan usai melakukan pengecekan jalur kereta api bersama Kapolda DIY dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Wates, Selasa (26/4/2022).

Jumlah penumpang arus balik dari Stasiun Tugu, lanjutnya, akan meningkat pada H+1 Lebaran. Pihaknya kemudian mengimbau agar masyarakat yang ingin menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pada arus mudik dan arus balik Lebaran segera memesan tiket baik secara online maupun offline.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kami sudah siapkan tujuh kereta tambahan yang berangkat dari Solo, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu," ucapnya.

Baca Juga: Mudik dengan Kendaraan Pribadi Jadi Pilihan, Jangan Lupa Cek Kondisi Ban Mobil Anda

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X