• Senin, 3 Oktober 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Charta Politika Indonesia : Menyalip Keterpilihan Prabowo

- Senin, 25 April 2022 | 22:35 WIB
Foto kolase - Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.  (ANTARA/Arsip foto)
Foto kolase - Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (ANTARA/Arsip foto)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus meningkat. Bahkan saat ini berada di posisi teratas.

Hasil survei Charta Politika Indonesia yang disiarkan di Jakarta, Senin( 25/4/2022), menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar menyalip tingkat keterpilihan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Elektabilitas Ganjar menempati urutan tertinggi dengan perolehan 26,6 persen suara responden dalam simulasi pemilihan presiden (pilpres) banyak tokoh dan 29,2 persen suara dalam simulasi dengan 10 tokoh, kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Penyitaan Aset Masih Jauh dari Target, Kinerja Satgas BLBI Kembali Disorot

"Kecenderungannya makin mengerucut dan makin membesar pada tiga nama; yang pertama ada Ganjar Pranowo, ini cukup stabil dari data kami sekitar delapan bulan terakhir di posisi pertama, kemudian disusul oleh Pak Prabowo dan Anies Baswedan," kata Yunarto.

Dalam simulasi pilpres 10 tokoh, elektabilitas Prabowo, yang pada beberapa hasil survei kerap unggul, justru tertinggal di posisi kedua dengan capaian 23 persen dari total 1.220 responden. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan ketiga dengan elektabilitas 20,2 persen.

Sejumlah tokoh lain yang mendapat elektabilitas di bawah 5 persen dalam survei itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno (4,9 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (4,8 persen), Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,4 persen), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (3,3 persen).

Baca Juga: Tunjangan Hari Raya (THR) Karyawan Harus Dibayarkan Paling Lambat Hari Ini

Selanjutnya, beberapa tokoh dengan elektabilitasnya di bawah 2 persen ialah Ketua DPR Puan Maharani (1,8 persen), Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir (1,5 persen), dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (1 persen).

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri janji usut tuntas tragedi Kanjuruhan Malang

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:00 WIB
X