• Senin, 3 Oktober 2022

Berkas Perkara Doni Salmanan Telah Diterima Kejaksaan Agung, Ini Tuduhannya

- Rabu, 20 April 2022 | 11:15 WIB
Polisi menggiring tersangka kasus penipuan aplikasi Quotex Doni Salmanan (tengah) saat konferensi pers di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/3/2022).  (ANTARA/Reno Esnir)
Polisi menggiring tersangka kasus penipuan aplikasi Quotex Doni Salmanan (tengah) saat konferensi pers di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/3/2022). (ANTARA/Reno Esnir)

 


JAKARTA, harianmerapi.com - Berkas perkara Doni Salmanan, tersangka tindak pidana berita bohong dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) melalui aplikasi Quotex telah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung).


Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana, pelimpahan ini merupakan tahap I yang diterima Kejagung.


"Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum telah menerima pelimpahan berkas perkara tahap I dari Bareskrim Polri atas tersangka DS yang dikirim pada Selasa (19/4) kemarin," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Anak dan Remaja Boleh Mudik Tanpa Tes Antigen, Asalkan Telah Memenuhi Ini

Ketut menjelaskan tersangka Doni Salamanan disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 3 dan/atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Setelah menerima berkas perkara itu, lanjutnya, tahap selanjutnya akan dilakukan penelitian oleh Jaksa Peneliti (Jaksa P-16) yang ditunjuk dalam jangka waktu tujuh hari, untuk menentukan apakah berkas perkara dapat dinyatakan lengkap atau belum secara formil maupun materiil (P-18).

"Dan jaksa peneliti punya waktu tujuh hari untuk memberikan petunjuk (P-19) apabila berkas perkara belum lengkap," tambahnya.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Lindungi Data Pribadi Penggunanya

 

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri janji usut tuntas tragedi Kanjuruhan Malang

Minggu, 2 Oktober 2022 | 22:00 WIB
X