• Senin, 27 Juni 2022

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia

- Minggu, 17 April 2022 | 12:05 WIB
ilustrasi hujan  (foto : josh hild / pexels)
ilustrasi hujan (foto : josh hild / pexels)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, pada Minggu (17/4/2022).

Peringatan tersebut dikutip dari situs BMKG di Jakarta, yang menyebutkan bahwa potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di Provinsi Aceh, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

Baca Juga: Serangan Tentara Israel ke Masjidil Aqsa, FPKS Minta Internasional Tegas Hentikan Kebiadaban Israel

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Kepulauan Riau dan Laut Arafura selatan Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga Kepulauan Riau dan di Laut Arafura.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatra Utara, dari Riau hingga Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan dan Tenggara, di Maluku, di Papua Barat, dan di Papua.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.*

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X