• Jumat, 8 Juli 2022

Dukung Kampung Wisata Jogja, Nippon Paint Warnai Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo

- Minggu, 20 Februari 2022 | 13:30 WIB
Nippon Paint dukung Kampung Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo.  (Dok Nippon Paint Indonesia)
Nippon Paint dukung Kampung Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo. (Dok Nippon Paint Indonesia)

JOGJA, harianmerapi.com – Kali Code menyimpan sisi historis sebagai sungai purba karena sejak lampau telah dilalui aliran lahar dingin Gunung Merapi, gunung vulkanik teraktif di dunia.

Menariknya, sungai sepanjang kurang lebih 42 meter ini menjadi ikon Jogja.

Terinspirasi dari suasana pinggir sungai di kota-kota besar seperti di Singapura, Jepang, Malaysia, Thailand yang menjadi ruang publik karena terpelihara dengan baik, membuat Totok Pratopo, Ketua Pamerti Code, Kelompok Pelestarian Code Berbasis Budaya berinisiatif menduplikasi hal tersebut di Kali Code.

Baca Juga: Pelaku Pemukulan Petugas PLN di Bantul yang Viral Tertangkap Polisi, Bang Jago Itu Mendadak Jadi Meong

Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo juga mengembangkan ekowisata “Jelajah Kampung”, di mana para mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana mengolah sungai berbasis komunitas, seperti mengetahui persoalan sampah, limbah, dan membatasi sempadan menjadi hunian.

Wisatawan juga dapat mencoba treking sepanjang 3 kilometer dengan rute dari Kewek hingga Kampung Jetisharjo.

Nippon Paint melalui serangkaian program CSR Warnai Kehidupan kemudian mendonasikan cat berwarna putih dengan nomor seri Brilliant White 1001 dan warna biru berseri True Blue NP PB 1534D sebanyak 1.554 liter yang mencakup 12.600 meter persegi atau setara dengan 150 rumah warga.

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah Sudah Minta Maaf, Pepadi Ngotot Lapor ke Bareskrim Hari Senin 21 Februari 2022

Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia, Topan Wijaksono menjelaskan, program ‘White-Blue’ Kali Code 1001 Jetisharjo ini merupakan bagian dari visi CSR Warnai Kehidupan yaitu meningkatkan pertumbuhan di bidang-bidang yang menghadapi tantangan sosial-ekonomi.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X