• Sabtu, 25 Juni 2022

Jogja Strokers Club Bantu Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Pasien Stroke dengan Jalan Sehat

- Selasa, 1 Februari 2022 | 15:50 WIB
Sebagian peserta jalan sehat ala JSC foto bersama ( Foto: Sulistyanto)
Sebagian peserta jalan sehat ala JSC foto bersama ( Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Komunitas pasien strokeJogja Strokers Club’ (JSC) punya beberapa agenda rutin untuk menumbuhkan rasa percaya bagi para strokers asal Jogja.

Contoh agenda rutin JSC, yakni pertemuan rutin pengurus/anggota setiap bulan, rekreasi dan jalan sehat. Kegiatan ini biasa dilaksanakan pada Minggu maupun hari libur nasional pada minggu pertama setiap bulannnya.

Setelah pandemi Covid-19 mereda, agenda jalan sehat perdana, yakni dibarengkan dengan Tahun Baru Imlek, sehingga acara tersebut bertajuk Jalan Sehat Imlek 2573 Jogja Strokers Club, Minggu (1/2/2022). Rute dari kawasan Jalan Malioboro sampai depan Museum Beteng Vredeburg Yogyakarta.

Baca Juga: Hukuman Bagi Koruptor Harus Diperberat, Azyumardi : Bisa Juga Dimiskinkan Sehingga Kapok

Menurut Ketua Umum JSC, Jati Suryanto MA MPd kegiatan ini selain sebagai ajang memupuk rasa percaya diri strokers asal Yogyakarta, juga untuk ikut menyemarakkan Imlek 2573 dan mempererat silaturahmi. Selain itu bagian dari mengajak strokers untuk membiasakan olahraga rutin untuk menjaga stamina.

“Bahkan bisa untuk menunjukkan pada masyarakat luas, bahwa kami ada bersama JSC untuk berupaya pulih bersama,” papar Jati yang juga termasuk pasien stroke.

Adapun berdirinya JSC pada November 2019 silam, dengan jumlah anggota 35 pasien stroke dan seiring perjalanan waktu diyakini akan semakin bertambah jumlah anggotanya. Anggota yang mengikuti jalan sehat ada kisaran 20 orang, ditambah ada pendamping dari keluarga serta relawan.

Baca Juga: Dua Pendaku Gunung Malabar Hilang, Tim SAR Terus Lakukan Pencarian

Ditambahkan Jati, acara jalan sehat, rekreasi maupun pertemuan anggota/pengurus biasa dilaksanakan pada hari libur pada minggu pertama. Sedangkan kegiatan rutin seperti terapi bareng dan nyanyi bareng biasa dilaksanakan di sekretariat JSC kawasan Jalan Patengah Tengah Yogyakarta.

“Untuk membantu terapi agar sembuh serta memupuk rasa percaya diri, strokers idealnya berusaha tidak hanya banyak di kasur dan di kursi saja,” tandas Jati.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

800 Calon Haji DIY Tertunda Keberangkatannya

Rabu, 8 Juni 2022 | 20:40 WIB
X